Menghilangkan Stigma Negatif, Inilah Keutamaan Menikahi Janda dalam Islam

Menghilangkan Stigma Negatif, Inilah Keutamaan Menikahi Janda dalam Islam

Menghilangkan stigma negatif, inilah keutamaan menikahi janda dalam Islam.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam masyarakat patriarkis, perempuan kerap diposisikan sebagai subordinat dari laki-laki. Kaum perempuan tak jarang dipandang rendah, apalagi jika perempuan tersebut seorang janda.

Padahal, bukan hanya perempuan janda saja yang dirugikan oleh sistem budaya patriarkis, laki-laki pun mengalaminya.

Dalam budaya patriarkis, perempuan juga lak-laki, ‘dipaksa’ untuk mengikuti tata nilai atau standar tertentu yang berlaku dalam masyarakat patriarkis-feodal, termasuk urusan menentukan pendamping hidup.

Dalam menentukan pendamping hidup, Islam memberikan beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan. Seperti agama, akhlak, kecantikan, kesehatan, keturunan, dan harta.

BACA JUGA:Waspada! Inilah 6 Pintu Masuk Godaan Setan dalam Menyesatkan Manusia

Namun, yang menjadi prioritas utama adalah agama dan akhlak, karena hal tersebutlah sebagai dasar kebahagiaan di dunia dan akhirat, tak terkecuali seorang janda.

Janda, yaitu seorang perempuan yang tidak lagi memiliki suami karena cerai atau meninggal. Meskipun demikian, masih ada sebagian kecil orang yang mengaitkan status janda dengan konotasi negatif.

Padahal kenyataannya, perjuangan seorang janda dalam menjalani hidup sendiri, terutama dalam membesarkan anak-anaknya, sangat luar biasa.

Statusnya yang tanpa pendamping hidup membuat beban bagi seorang janda dalam hidupnya sangatlah berat.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! 4 Hal Ini yang Membuat Malaikat Enggan Masuk ke Dalam Rumah


Keutamaan menikahi janda adalah janda yang dalam keadaan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.--freepik.com/@freepik

Selain harus mencukupi kebutuhan dirinya sendiri, seorang ibu berstatus janda juga harus membesarkan anak dengan kekuatannya sendiri.

Dikutip dari laman an-nur.ac.id, dalam pandangan Islam, seorang janda mempunyai kedudukan yang terhormat.

Islam tidak hanya mengizinkan seorang pria untuk menikahi janda, tetapi juga memberikan berbagai keutamaan yang dapat diperoleh dengan menikahi seorang janda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber