Hati-Hati ! Mengemudi di Tanjakan dan Turunan Memiliki Resiko Kecelakaan. Perhatikan 6 Tips ini.

Hati-Hati ! Mengemudi di Tanjakan dan Turunan Memiliki Resiko Kecelakaan. Perhatikan 6 Tips ini.

Hati-Hati Mengemudi di Tanjakan dan Turunan Memiliki Resiko Kecelakaan --Gambar : tangkapan layar youtube.com/@RodaJalanan99

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bagi mereka yang suka melakukan perjalanan wisata, mengunjungi pegunungan, atau menjelajahi area di luar kota, seringkali dihadapkan pada rute dengan jalanan tanjakan atau turunan

Terkadang, ketidaknyamanan muncul karena jalur ini dapat dianggap cukup menakutkan akibat risiko yang signifikan.

Kemiringan atau kemurunan jalan yang tajam sering menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian pengemudi, terutama bagi mereka yang masih dalam tahap belajar dan belum sepenuhnya mahir mengendalikan mobil

Tidak jarang, kecelakaan terjadi karena mobil tergelincir atau menabrak kendaraan lain di depannya.

BACA JUGA:Menjaga Keindahan dan Ketahanan Setir Mobil: Pilihan Kulit Terbaik untuk Retrim

Sebagian besar pengemudi melakukan kesalahan saat mengemudi di jalanan yang curam naik atau turun dengan menggeser transmisi ke posisi netral dengan harapan dapat menghemat konsumsi bahan bakar. 

Namun, tindakan seperti ini tidak dianjurkan, karena tidak menyediakan efek pengereman, yang seringkali mengakibatkan kehilangan kendali atas mobil. 

Disarankan untuk membuat keputusan dengan bijak demi menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, serta menghindari tindakan yang dapat menimbulkan risiko.

Anda tak perlu khawatir, terdapat metode yang dapat Anda terapkan dengan lebih aman tanpa melibatkan teknik yang rumit atau menyebabkan kelelahan berlebih. 

BACA JUGA:Penting! Memahami 3 Teknik Memutar Setir Mobil Yang Benar untuk Keselamatan Berkendara

 

Berikut 6 tips yang mengurangi kekhawatiran saat melintasi jalanan menanjak atau menurun.

1. Optimalkan Transmisi Mobil

Jika Anda memiliki mobil dengan transmisi manual, Anda dapat menempatkan transmisi pada gigi terendah saat melewati jalur turunan yang curam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber