Penting! Memahami 3 Teknik Memutar Setir Mobil Yang Benar untuk Keselamatan Berkendara

Penting!  Memahami 3 Teknik Memutar Setir Mobil Yang Benar untuk Keselamatan  Berkendara

Penting! Memahami 3 Teknik Memutar Setir Mobil Yang Benar untuk Keselamatan Berkendara--pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Setiap pengguna mobil harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang teknik memutar setir mobil yang benar. Ini bukan hanya untuk kenyamanan pribadi, tetapi lebih penting lagi, untuk menjamin keselamatan diri dan penumpang saat berkendara di berbagai kondisi jalan.

Dalam situasi darurat seperti tabrakan, menguasai teknik ini dapat secara signifikan mengurangi risiko cedera serius yang dapat dialami oleh pengemudi dan penumpang.

Sayangnya, masih ada sejumlah pengemudi yang kurang memahami atau bahkan acuh tak acuh terhadap pentingnya teknik memutar setir mobil yang benar.  Begitupun cara memegang setir, ternyata masing-masing orang memiliki gaya tersendiri. Meski kebanyakan  menggunakan kedua tangan, tidak sedikit yang hanya memegang setir dengan satu tangan.

Beberapa dari mereka cenderung menerapkan teknik sembarangan atau tidak sesuai dengan pedoman keselamatan, yang dapat membahayakan tidak hanya nyawa mereka sendiri tetapi juga pengguna jalan lainnya.

BACA JUGA:Liverpool Menang 4-2 atas Newcastle United, Salah Cetak Gol ke-150 di Liga Premier League

Oleh karena itu, penting bagi setiap pengemudi untuk memahami dan menguasai teknik memutar setir mobil dengan benar sebagai bagian integral dari berkendara dengan aman.

Teknik Putar Setir Mobil

Melakukan teknik memutar setir mobil yang benar sebenarnya tidaklah sulit. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat diikuti, sebagaimana diuraikan dari berbagai sumber.

1. Tarik dan Dorong (Pull and Push)

BACA JUGA:Tingkatkan Kinerja Mesin Mobil Anda Dengan Tune Up Menggunakan Cara ini

Untuk menerapkan teknik ini, pengemudi harus memposisikan tangan yang memegang setir di posisi jam tiga dan sembilan. Penting untuk dicatat bahwa ibu jari pengemudi tidak boleh mencengkeram lingkaran setir untuk mencegah cedera potensial saat terjadi kecelakaan atau tabrakan.

Ketika hendak belok, pengemudi dapat memindahkan tangan yang berada di sisi belok ke posisi jam dua belas. Gerakan tarik dilakukan sesuai dengan arah belok yang diinginkan, dengan penyesuaian tenaga dan sudut putar setir.

2. Hand Over Hand

Teknik ini berguna saat memerlukan radius putar yang lebih besar, seperti saat melakukan manuver balik arah atau U-turn. Pengemudi dapat memposisikan tangan kanan di posisi jam sepuluh dan tangan kiri di posisi jam empat. Selanjutnya, putar setir secara bersamaan untuk mendapatkan sudut belok yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber