Banyak Yang Tidak Tahu, Ada Apa di Tanggal 9 Januari?

Banyak Yang Tidak Tahu, Ada Apa di Tanggal 9 Januari?

Banyak Yang Tidak Tahu, Ada Apa di Tanggal 9 Januari? --Foto instagram/@marshaoshi

Hari Martir di Panama

Hari Martir di Panama diperingati setiap tanggal 9 Januari setiap tahun nya. Hari ini merupakan sebuah hari berkabung nasional untuk memperingati kerusuhan anti Amerika di Zona Terusan Panama yang telah terjadi pada tanggal 9 Januari tahun 1964.

Pada saat itu, kerusuhan diakibatkan oleh rusaknya bendera Panama yang mengakibatkan bentrokan antara Polisi Zona Terusan dengan penduduk setempat.

BACA JUGA:Mobil Listrik MG 4 EV Keluaran Morris Garage (MG) Produsen Otomotif Dari Inggris! Apa Saja Keunggulannya?

Setelah banyak mahasiswa terbunuh dan polisi Zona Terusan akhirnya menyerah, Angkatan Darat AS menjadi turun tangan dan akibatnya terenggutnya nyawa 22 warga Panama dan empat tentara Amerika di kejadian tersebut.

Hari Pravasi Bharatiya Divas

Hari Pravasi Bharatiya Divas atau yang dikenal dengan Non Resident India (NRI) merupakan hari yang diperingati sebagai hari penghargaan bagi warga India yang sedang tinggal di luar negeri serta berkontribusi dalam memajukan negara. Hari tersebut diperingati setiap tanggal 9 Januari.

Dan hari ini juga disebut sebagai Hari Pravasi Bharatiya Divas, namun selain itu hari ini juga menjadi sebuah peringatan mengenai peristiwa kembalinya Mahatama Gandhi yang bersa dari Afrika Selatan ke Kota Mumbai pada tahun 1915.

Hari Penegakan Hukum Nasional

Tanggal 9 Januari juga diperingati sebagai Hari Penegakan Hukum dimana hari ini diperingati sebagai tanda dedikasi untuk para penegak hukum yang setia dan senantiasa untuk selalu sigap menjaga kedamaian dan keamanan.

BACA JUGA:Rage Against The Machine Mengejutkan Dunia dengan Pernyataan Tak Akan Berkonser Bersama Lagi

Selain itu juga, Hari Penegakan Hukum Nasional ini juga ditujukan kepada para polisi yang telah berjasa besar dalam mengayomi dan melindungi masyarakat.

Nah itu lah tadi deretan momen-momen penting yang terjadi setiap tanggal 9 Januari, yang mana yang kalian sudah tahu?.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber