Ini 5 Jenis Pekerjaan di Kereta Api Indonesia (KAI) yang Membuat Lancarnya Sebuah Perjalanan

Ini 5 Jenis Pekerjaan di Kereta Api Indonesia (KAI) yang Membuat Lancarnya Sebuah Perjalanan

5 jenis pekerjaan di Kereta Api Indonesia (KAI) yang membuat lancarnya sebuah perjalanan.--instagram.com/@pramugarikeretaapi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kereta Api merupakan salah satu moda transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat umum di Indonesia, baik itu untuk perjalanan dekat, lintas daerah, lintas kota, bahkan lintas provinsi.

Tak hanya membawa penumpang seperti di Pulau Jawa, tetapi kereta api juga ada yang khusus membawa batu bara seperti di Pulau Sumatera. 

Bagi orang yang gemar dengan transportasi dan perjalanan, bekerja di sektor Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan suatu hal yang sangat membanggakan dan diinginkan oleh banyak orang. Karena selain menarik, Kereta Api Indonesia merupakan milik BUMN.

Kebanyakan orang mengira bahwa pekerjaan di bidang perkeretaapian hanya masinis atau kondektur. Tetapi tahukah kamu bahwa selain dua pekerjaan itu, banyak sekali jenis pekerjaan operasional di balik lancarnya perjalanan kereta api.

BACA JUGA:Muara Enim Gempar! Rebutan Anak, Riki Meregang Nyawa di Tangan Mantan Mertua


Masinis dan Asisten Masinis.--instagram.com/@keretaapikita

Nah, berikut ini lima jenis pekerjaan yang ada di Kereta Api Indonesia (KAI) yang beberapa di antaranya banyak orang tidak ketahui.

1. Masinis

Masinis adalah seorang pemimpin selama dalam perjalanan kereta api. Tak hanya mengoperasikan kereta api, tetapi Masinis juga bertugas untuk langsiran.

Kata masinis berasal dari bahasa Belanda yaitu manchinist yang artinya juru mesin. Selain Masinis, ada juga yang disebut dengan Asisten Masinis, yaitu pegawai yang tugasnya membantu Masinis saat mengoperasikan kereta api dan juga langsiran.

BACA JUGA:Bingung Cara Mengurus Pembuatan STNK Motor Listrik? Ini Solusinya!


Bekerja di sektor Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan suatu hal yang sangat membanggakan.--instagram.com/@keretaapikita

2. Pengatur Perjalanan Kereta Api (KAI)

Pengatur Perjalanan Kereta Api atau singkatnya sering disebut PPKA merupakan sebuah pekerjaan yang sangat membutuhkan kedisiplinan tinggi dan keahlian khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber