Apakah Kehadiran Jaringan 5G Memberikan Manfaat? Inilah 4 Fakta Menarik yang Dimiliki Oleh Teknologi 5G!

Apakah Kehadiran Jaringan 5G Memberikan Manfaat? Inilah 4 Fakta Menarik yang Dimiliki Oleh Teknologi 5G!

Apakah Kehadiran Jaringan 5G Memberikan Manfaat? Inilah 4 Fakta Menarik yang Dimiliki Oleh Teknologi 5G!-starline-freepik

Setelah operator Telkomsel, Indosat Ooredoo juga turut meluncurkan layanan 5G pada 22 Juni 2021, dan menjadikannya operator kedua yang menyediakan jaringan 5G di Indonesia.

BACA JUGA:Mengejutkan! Ivan Gunawan Mundur dari Brownies, Benarkah Buntut Teguran KPI?

Mendukung Penerapan IoT 

Internet of Things (IoT) merupakan salah satu elemen utama di balik kecanggihan dari layanan 5G ini, penerapan IoT pada teknologi 5G ini bahkan mampu memberikan konektivitas dengan level yang lebih tinggi.

Pengguna menjadi dapat terhubung dengan perangkat yang mendukung smart living sehingga lebih mudah dalam mengontrolnya. 

Sebagai contoh yakni adanya smart lock pada pintu rumah yang dapat memungkinkan penggunanya untuk memantau keamanan hanya melalui smartphone.

Hal ini memiliki arti bahwa kehadiran teknologi 5G ini dapat membuat hidup semua orang menjadi lebih mudah dan efisien.

Implementasi Teknologi Berbasis Cloud 

Manfaat dari penggunaan teknologi 5G ini juga dapat dirasakan pada implementasi teknologi berbasis cloud, salah satunya yaitu untuk streaming cloud gaming.


Apakah Kehadiran Jaringan 5G Memberikan Manfaat? Inilah 4 Fakta Menarik yang Dimiliki Oleh Teknologi 5G!-wayhomestudio-freepik

Pada game yang berbasis cloud, input kendali akan dikirimkan kepada server yang bertugas untuk memprosesnya.

Selanjutnya, server akan melakukan render dan mengirimkan hasilnya dalam bentuk streaming tampilan yang telah dikompres.

Artinya dengan adanya jaringan 5G ini kualitas gambar cloud gaming akan menjadi jauh lebih baik dan tidak akan membuat perangkat menjadi cepat panas maupun boros baterai.

Selain itu, teknologi self-driving car juga dapat merasakan manfaat dari kehadiran teknologi 5G ini. Layanan 5G mampu memproses data dalam jumlah yang banyak dengan lebih cepat untuk mempelajari waktu refleks manusia.

Hal ini yang kemudian dapat memungkinkan self-driving car untuk bisa beroperasi secara lebih baik dan lebih tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber