Apakah Kehadiran Jaringan 5G Memberikan Manfaat? Inilah 4 Fakta Menarik yang Dimiliki Oleh Teknologi 5G!

Apakah Kehadiran Jaringan 5G Memberikan Manfaat? Inilah 4 Fakta Menarik yang Dimiliki Oleh Teknologi 5G!

Apakah Kehadiran Jaringan 5G Memberikan Manfaat? Inilah 4 Fakta Menarik yang Dimiliki Oleh Teknologi 5G!-starline-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Jaringan 5G memang masih belum tersedia secara menyeluruh di Indonesia dan masih didominasi oleh Jaringan 4G.

Dapat dikatakan bahwa saat ini Indonesia sudah mulai mengerjakan segala infrastruktur yang diperlukan untuk penggunaan jaringan 5G.

Jaringan 5G ini merupakan jaringan seluler generasi kelima dan menjadi standar nirkabel global baru setelah jaringan 1G, jaringan 2G, jaringan 3G, dan jaringan 4G.

Jaringan 5G merupakan standar teknologi generasi kelima untuk jaringan seluler broadband yang mulai diterapkan oleh perusahaan telepon seluler di seluruh dunia sejak tahun 2019.

BACA JUGA:Volta Mandala, Vespa Listrik yang Cocok untuk Pencinta Gaya Retro

Teknologi nirkabel 5G ini bertujuan untuk menghadirkan kecepatan data puncak multi-Gbps yang lebih tinggi, latensi yang sangat rendah, keandalan yang lebih tinggi, kapasitas jaringan yang besar, dan ketersediaan yang meningkat.

Jaringan 5G ini mempunyai performa yang lebih tinggi, peningkatan efisiensi, memberdayakan pengalaman pengguna baru, dan menghubungkan industri baru.

Kehadiran teknologi 5G ini tentunya menimbulkan adanya berbagai opini yang menyebar di kalangan masyarakat mengenai jaringan 5G ini.

Opini yang menyebar tentunya tidak terlepas dari opini itu positif maupun negatif. Oleh karena itulah, berikut ini akan dijelaskan mengenai fakta menarik apa saja yang terdapat pada teknologi 5G ini.


Apakah Kehadiran Jaringan 5G Memberikan Manfaat? Inilah 4 Fakta Menarik yang Dimiliki Oleh Teknologi 5G!-freepik-freepik

Operator Pertama yang Menyediakan Layanan 5G 

Di Indonesia, Telkomsel menjadi operator pertama yang meluncurkan layanan 5G secara komersial pada 27 Mei 2021.

Telkomsel sendiri telah melakukan uji coba jaringan tersebut selama beberapa tahun sebelum akhirnya mengajukan permohonan untuk Uji Laik Operasi (ULO) pada 19-21 Mei 2021.

Telkomsel akhirnya berhasil melalui seluruh tahapan ULO sehingga mereka berhak menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber