Mengenal Mainan Anak-anak Rusia Boneka Nevalyashka

Mengenal Mainan Anak-anak Rusia Boneka Nevalyashka

Boneka nevalyashka dari Rusia.-Tangkapan layar twitter.com/@Iloveodessa_eu-

BACA JUGA:Kumbasari, Destinasi Pasar Oleh-oleh Murah dan Lengkap di Bali

Boneka kuvyrkan ("jungkir balik") dari kayu pertama kali muncul di Rusia pada awal abad ke-19. Pengrajin rakyat melukisnya dengan tangan dengan warna-warna cerah - boneka semacam itu adalah atribut yang sangat diperlukan dari pameran dagang di kekaisaran Rusia.

4. Akar Asia

Boneka nevalyashka pertama kali muncul di Cina, di mana boneka budaoweng ("orang tua tidak jatuh") dari tanah liat telah dikenal sejak abad ke-6. Kemungkinan besar mereka dibawa ke Jepang, yang sekarang memiliki boneka roly-poly okiagari-koboshi sendiri, serta boneka Daruma kayu yang sangat populer yang diyakini membawa keberuntungan.

Dari Asia, boneka semacam itu dibawa ke Eropa sebagai oleh-oleh. Prancis memiliki versinya sendiri – culbuto atau ramponneau. Juga, Jerman memiliki kayu Stehaufmännchen ("pria bangun") sendiri.

BACA JUGA: 4 Wisata di Lampung yang Cocok untuk Keluarga

Pada tahun 1970-an, boneka Playskool yang terkenal bernama Weebles, yang menyerupai telur, muncul di AS. Dalam bahasa Inggris boneka semacam itu disebut “boneka beralas bulat” atau “roly-poly”.

5. Diproduksi di pabrik mesiu

Nevalyashka memperoleh banyak popularitas khususnya di era Uni Soviet. Mungkin fakta yang paling mengejutkan adalah bahwa boneka anak lugu ini selalu diproduksi di Tambov Gunpowder Plant.

Pada tahun 1957, perusahaan pertahanan yang memasok bubuk mesiu dan amunisi ke negara itu selama Perang Dunia II, memutuskan untuk menggunakan sejumlah besar limbah produksi mesiu (seluloid) untuk keperluan sipil. Maka, pabrik mulai memproduksi mainan untuk hiburan anak-anak. Pada awal 1960-an mereka menghasilkan lebih dari satu juta nevalyashka – banyak di antaranya diekspor, dan tidak hanya ke negara-negara blok sosialis, tetapi juga ke AS, China, dan Amerika Latin.

BACA JUGA:Masih Ingat Peramal Kondang Mbah Mijan? Kini Alih Profesi Jadi Pedagang. Barang Jualannya Jadi Sorotan

Kemudian mereka beralih ke bahan yang berbeda – plastik tidak berwarna dan transparan, yang tidak mudah terbakar seperti seluloid. Pada 1990-an, produksi nevalyashka juga menyelamatkan pabrik dari penutupan seluruhnya; pada saat itu tidak ada kontrak pertahanan. Mainan itu bahkan memiliki monumen yang didirikan untuk menghormatinya di kota Kotovsk, di Wilayah Tambov, tempat pabrik itu berada.

Nevalyashka masih diproduksi di Tambov Gunpowder Plant, dengan lebih dari 30 jenis nevalyashka ditawarkan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: id.rbth.com