Menghilangkan Stigma Negatif, Inilah Keutamaan Menikahi Janda dalam Islam

Menghilangkan Stigma Negatif, Inilah Keutamaan Menikahi Janda dalam Islam

Menghilangkan stigma negatif, inilah keutamaan menikahi janda dalam Islam.--freepik.com/@freepik

Menikahi seorang janda yang ditinggal meninggal oleh suaminya dan memiliki anak merupakan perbuatan yang mulia. Dengan begitu secara tidak langsung turut menolong anak yatim.

Prioritas utama adalah menikahi ibunya yang janda terlebih dahulu, agar dapat menggantikan peran suami dalam menafkahi keluarga.

BACA JUGA:Hati-hati Tanpa Disadari Sering Diucapkan, Ternyata Kalimat Ini Sangat Dibenci Allah SWT


Menikahi seorang janda yang ditinggal meninggal oleh suaminya dan memiliki anak merupakan perbuatan yang mulia.--freepik.com/@drazenzigic

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits oleh Sahl Ibnu Sa’ad bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Kedudukanku dan orang yang menanggung anak yatim di surga bagaikan ini” (sambil Beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya). (HR. Bukhari no. 5304)

Membimbing Menuju Kehidupan yang Baru

Menikahi janda berarti membuka babak baru dalam hidupnya. Meskipun telah menikah sebelumnya, pernikahan kedua tetap menjadi awal baru dalam kehidupannya.

BACA JUGA:Pahami dan Amalkan! Inilah Waktu-waktu Terbaik untuk Bersedekah Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Tanggung jawab untuk membimbingnya dalam mengarungi kehidupan baru sangatlah penting. Dukungan penuh diperlukan agar janda dapat menjalani hidup dengan lebih baik sesuai ridho Allah SWT.

Menikahi Janda adalah Anugrah

Keputusan untuk menikahi seorang janda dianggap sebagai berkah dan anugrah dalam hidup. Terutama jika niatnya adalah untuk melindungi dari fitnah atau hal buruk yang mungkin terjadi.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang berusaha menghidupi para janda dan orang-orang miskin laksana orang yang berjuang di jalan Allah." (HR Ahmad)

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Adab Seorang Muslim Saat Dilanda Musibah

Sumber Rezeki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber