Muslim Harus Tahu! Ini Adab Seorang Muslim Saat Dilanda Musibah

Muslim Harus Tahu! Ini Adab Seorang Muslim Saat Dilanda Musibah

Adab Seorang Muslim saat dilanda Musibah--Foto : Freepik.com/jcomp

PALEMBANG. PALTV.CO.ID - Kehidupan manusia senantiasa diwarnai oleh ujian dan cobaan yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan hidup.

Musibah, sebagai salah satu bentuk ujian, tidak selalu membawa dampak buruk. Di balik Musibah terdapat hikmah yang dapat diambil dan dipahami.

Musibah, teguran, penyakit, atau bencana, semuanya adalah cobaan dari Allah SWT. Bagaimana seorang muslim menghadapi suatu musibah dalam Islam akan mempengaruhi pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai keislamannya.

Dalam kehidupan di dunia ini tidak ada orang yang terlepas dari ujian, karena Allah SWT menciptakan kehidupan beserta ujian dan musibah memang untuk menguji manusia, apakah mereka benar-benar bertaqwa kepada allah SWT. sebagaimana firman-Nya dalam Q.S al-A'raf: 168 :

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Lakukan Amalan ini Agar Setiap Saat Dido'akan Malaikat 

Artinya: "Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran)." (QS. al-A'raf: 168)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga menyampaikan bahwa segala peristiwa yang menimpa mereka adalah kebaikan, baik mendapatkan nikmat atau tertimpa musibah, keduanya menjadi peluang untuk bersyukur atau bersabar. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

 “Sungguh luar biasa perkara kaum mukmin, sesungguhnya semua perkaranya adalah kebaikan, dan itu tidak akan terjadi kecuali bagi orang yang beriman. Jika ia dianugerahi nikmat ia bersyukur maka itu baik baginya dan jika ia tertimpa musibah ia bersabar maka itu baik pula baginya." (HR Muslim: 2999)

Hendaklah seorang hamba yang sedang ditimpa penyakit ataupun musibah, janganlah merasa cemas, jangan takut, dan jangan selalu dirundung duka, akan tetapi jadikanlah musibah itu sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Penyebab Hati Gelisah, Gundah Gulana Menurut Islam dan Cara Mengatasinya


Sikap sabar menjadi kunci menghadapi musibah dalam Islam--freepik.com/@freepik

Dilansir dari laman Kementerian Agama RI, berikut adab seorang muslim saat dilanda musibah agar tetap mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

1. Sabar Menghadapi Musibah

Sabar, menurut Imam Suyuthi dalam Tafsir al-Jalalain merupakan menahan diri terhadap sesuatu yang tidak diinginkan. Sikap sabar menjadi kunci menghadapi musibah dalam Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber