Pahami dan Amalkan! Inilah Waktu-waktu Terbaik untuk Bersedekah Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Pahami dan Amalkan! Inilah Waktu-waktu Terbaik untuk Bersedekah Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Pahami dan amalkan! Inilah waktu-waktu terbaik untuk bersedekah sesuai anjuran Rasulullah SAW.--freepik.com/@jcomp

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sedekah merupakan perbuatan mulia yang memiliki pahala besar dan sangat dicintai oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Setiap Muslim diwajibkan untuk menyisihkan sebagian harta mereka demi berbagi dengan sesama yang membutuhkan.

Dikutip dari laman baznas.go.id, istilah sedekah berasal dari kata Arab "shadaqah" yang memiliki akar kata "sidq" atau "sidiq" yang artinya shadaqah adalah kebenaran.

Sesuai peraturan BAZNAS Nomor 2 Tahun 2016, sedekah mencakup harta atau non-harta yang diberikan oleh seseorang atau badan usaha untuk kepentingan umum di luar zakat.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Adab Seorang Muslim Saat Dilanda Musibah


Empat waktu terbaik untuk bersedekah--freepik.com/@freepik

Rasulullah SAW pernah menjelaskan bahwa sedekah bisa menghapus dosa seorang Muslim, sebagaimana disampaikannya dalam hadis:

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“ (HR. At-Tirmidzi)

Meskipun tidak ada batasan waktu atau harta untuk bersedekah, terdapat waktu-waktu tertentu yang dianggap lebih utama untuk bersedekah. Jika seseorang bersedekah di waktu-waktu utama tersebut, tentu saja pahalanya juga akan lebih besar. 

Dilansir dari laman zakat.or.id, ada empat waktu terbaik untuk bersedekah, yaitu dalam kondisi sehat, keinginan menjadi kaya, ketakutan akan kesulitan ekonomi, dan sebelum ajal menjemput.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Lakukan Amalan ini Agar Setiap Saat Dido'akan Malaikat

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam surah Al-Munafiqun ayat 10:

Artinya: “Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum ajal datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” (QS. Al-Munafiqun: 10)

Oleh karena itu, surah tersebut menjadi peringatan agar kita tidak menyesal saat nafas sudah terenggut dan tidak ada lagi kesempatan untuk meraih pahala dari sedekah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber