Pemeriksaan Kesehatan yang Tidak Boleh Diabaikan Oleh Wanita Berusia 30-an

Pemeriksaan Kesehatan yang Tidak Boleh  Diabaikan Oleh Wanita Berusia 30-an

Pemeriksaan kesehatan yang tidak boleh diabaikan oleh wanita berusia 30-an--free pik.com

"Jika berwarna hijau, abu-abu, kuning atau putih, Anda mungkin mengalami infeksi bakteri atau infeksi menular seksual. Konsultasikan dengan dokter Anda tanpa penundaan," kata Dr Gupta.

BACA JUGA: Shock Breaker motor rusak? Begini cara mengatasi Shock Breaker Motor yang Keras dan Mati

Perhatikan jam tubuh Anda: pembuahan alami selalu lebih baik. Seiring bertambahnya usia, jam tubuh kita mulai bergerak. Wanita paling subur di awal usia 20-an dan kesuburan mereka berangsur-angsur menurun seiring bertambahnya usia.

"Setelah usia 35 tahun, penurunannya menjadi lebih jelas. Dengan menjadi lebih 'sadar akan kesuburan', Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan menyadari bahwa mungkin perlu waktu lebih lama untuk hamil," kata Dr Gupta.

Keluar dan berjalan-jalan: jangan membatasi diri Anda di depan layar komputer atau layar LED. Penting untuk menggerakkan tubuh Anda.

"Lakukan latihan aerobik selama 30 menit atau berjalan-jalan selama satu jam di taman. Hal ini dapat membantu melawan obesitas, kecemasan, depresi, penyakit jantung, diabetes dan banyak penyakit lainnya,' saran Dr Gupta.

BACA JUGA:60 Model Mobil Listrik dari Produsen Otomotif Siap Ramaikan Jalanan di 2024

Berikut ini adalah daftar pemeriksaan pencegahan untuk wanita. Pemeriksaan kanker payudara: wanita lebih mungkin terkena kanker payudara setelah usia 30 tahun.

Pemeriksaan mamografi secara teratur dapat mendeteksi kanker payudara sebelum muncul gejala-gejalanya.

Pemeriksaan kanker serviks: kanker serviks terjadi di bagian bawah rahim wanita. Pap smear dilakukan untuk mendeteksi keberadaan sel kanker pada leher rahim; disarankan agar wanita berusia 21 tahun ke atas melakukan Pap smear setidaknya sekali setiap lima tahun.

Pemeriksaan kepadatan tulang: kepadatan tulang pada wanita cenderung menurun setelah usia 30 tahun. Oleh karena itu, mereka disarankan untuk menjalani tes osteoporosis secara teratur.

BACA JUGA:Berburu Samsung Terbaru: Ini Keuntungan Jika Ikut Pre Order (PO) Samsung S24 Series

Pemeriksaan tekanan darah: wanita harus memeriksakan tekanan darahnya untuk memastikan bahwa mereka tidak menderita penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Wanita dengan riwayat keluarga hipertensi atau penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah juga harus menjalani pemeriksaan secara teratur.

Tes tiroid Wanita berusia di atas 30 tahun, terutama mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan gangguan tiroid atau gejala seperti kelelahan, perubahan berat badan atau perubahan suasana hati, harus berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional yang dapat menentukan tes tiroid yang paling tepat untuk situasi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber