Tradisi Unik Jepang Dalam Melempar Koin pada Tahun baru

Tradisi Unik Jepang Dalam Melempar Koin pada Tahun baru

Melepar Koin pada Tahun baru--Foto : unsplash.com/@ Susann Schuster

Ini adalah Kuil Motonosumi di Prefektur Yamaguchi, tempat kelahiran Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.  Di tengah atas gerbang torii terdapat sebuah kotak kecil yang dapat Anda masuki saat ditendang, yang akan menjatuhkan koin.

Jika koin kecil yang kita masukkan ke dalam kotak jatuh, berarti kita telah memasuki kuil  dan semua keinginan kita akan terkabul. Namun, konon jika Anda tidak bisa masuk ke dalam kotak tersebut, Anda bisa masuk ke  kuil, namun keinginan Anda tidak akan terkabul. 

BACA JUGA:Liburan Tahun Baru: Kemenkes Siapkan Layanan Kesehatan Gratis di Jalur Wisata

Kuil ini disebut-sebut sebagai kuil tersulit di Jepang karena mengharuskan pelemparan koin  di tepi tebing setinggi 30m di samping laut lepas. Kontras antara warna merah torii dan birunya laut di sebelahnya sangat indah, menjadikannya spot yang bagus untuk  foto Instagram.

Kuil ini dipisahkan dari Kuil Taikoya Inari di Prefektur Shimane pada tahun 1955 karena para nelayan memimpikan rubah putih. Oleh karena itu, pada tahun 1987, kuil ini dibangun di sisi tebing di tepi Sungai Kukai dengan 123 torii (gerbang kayu merah) sebagai pintu masuknya.

Di depan torii (tempat pelemparan uang logam) setinggi 5 meter, ditengahnya diletakkan sebuah kotak kayu di  atas pintu gerbang (torii) dimana orang yang mempunyai uang dapat meletakkan batu. 

Kuil ini merupakan salah satu situs resmi Jepang.Dibangun pada tahun 1955 sebagai kediaman Hitoshi Okamura, salah satu nelayan di sini.

Awalnya bernama Kuil Motonosumi Inari, namun namanya diubah menjadi Kuil Motonosumi (kuil) mulai 1 Januari 2019. 

BACA JUGA:Menyambut Tahun Baru: Panduan Menuju Kehidupan yang Lebih Tertata dan Bermakna

Keajaiban diyakini terjadi jika Anda memasukkan koin ke dalam kotak di pintu masuk kuil, dan tidak diketahui apakah ini benar atau tidak, dan Perdana Menteri Abe dapat melakukannya. Alasan kenapa dia tinggal begitu lama mungkin karena dia banyak berdoa di kuil  dan membuang uang terlebih dahulu. 

Perdana Menteri Abe melemparkan uang ke torii untuk memenuhi keinginannya dan menjadi perdana menteri Jepang terlama dalam sejarah Jepang.

Apakah Anda punya permintaan? Silakan datang ke kuil. Jika koin jatuh dan masuk ke kusen pintu, keinginannya akan terkabul. Alhasil, banyak pengunjung  yang mengantri menunggu giliran melempar koin.

BACA JUGA:Menu Bakaran Tahun Baru Ikan Kembung Bakar Padang ala Rumahan


Apa yang dimaksud Osaisen --Foto : – unsplash.com/@ Joshua Hoehne

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber