Tradisi Unik Jepang Dalam Melempar Koin pada Tahun baru

Tradisi Unik Jepang Dalam Melempar Koin pada Tahun baru

Melepar Koin pada Tahun baru--Foto : unsplash.com/@ Susann Schuster

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Jepang, sebuah negara yang kaya akan budaya dan tradisi unik, memiliki satu praktik menarik yang menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari: melemparkan koin sambil mewujudkan doa kepada Dewa Shinto.

Di kuil-kuil yang tersebar di seluruh negeri, para pengunjung dapat mengalami momen magis ini. Saat melempar koin ke dalam sumur atau wadah khusus, mereka menyampaikan harapan dan doa mereka kepada Dewa Shinto, berharap agar keinginan mereka dikabulkan.

Tradisi ini mencerminkan kekayaan spiritual masyarakat Jepang dan menciptakan pengalaman yang mendalam, menghubungkan manusia dengan kekuatan spiritual yang diyakini melingkupi kehidupan sehari-hari mereka.

Ini tradisi menarik nih yang bisa kita jumpai di Negara Jepang, melemparkan koin sambil mewujudkan doa kepada Dewa shinto. Hal ini biasanya dilakukan di tempat ibadah agama tersebut.

BACA JUGA:Menjalani Tahun Baru dengan Tetap Istiqomah dalam Kebaikan, Berikut Amalan yang Bisa Dilakukan

Kami ingin bercerita sedikit tentang ritual pemberian koin  yang  dilakukan masyarakat Jepang saat pergi ke kuil, terutama saat tahun baru.

Mari kita simak definisinya bersama-sama! Saat mengunjungi kuil pada Hari Tahun Baru, kebanyakan orang Jepang membuang koin ke  tempat khusus, sebuah praktik yang disebut "osaisen".

Tradisi Osaisen adalah salah satu  tradisi  Jepang tertua yang masih berlanjut hingga  saat ini di Jepang modern. Tapi makna "osaise” Sekarang sudah sedikit berubah dibandingkan tujuan aslinya.

Jika ingin memasuki tempat ibadah agama atau kepercayaan apapun, harus dalam keadaan tenang, bersih, lurus jiwa dan raga, serta berdoa kepada Yang Maha Kuasa di sana. Namun, di Jepang, tempat suci tempat umat beriman berdoa harus membuang koin ke gerbang merah yang disebut torii.

BACA JUGA:Tradisi Bakar Jagung, Fenomena Unik Menyambut Tahun Baru di Indonesia


Tradisi melepar koin di kuil --Foto : unsplash.com/@Shai Pal

 

Simak selengkapnya seputar tradisi lempar koin di Jepang sebagai berikut:

1. Tradisi melepar koin di kuil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber