Museum Affandi Yogyakarta dan Jejak Kreativitas Sang Maestro Seni Lukis Kerakyatan

Museum Affandi Yogyakarta dan Jejak Kreativitas Sang Maestro Seni Lukis Kerakyatan

Museum Affandi Yogyakarta dan jejak kreativitas Sang Maestro seni lukis kerakyatan. Patung karya putrinya, Kartika, turut mewarnai museum.--instagram.com/@andrias98

Lukisan-lukisan seperti "Self Portrait" tahun 1938, "Affandi And Kartika (Potret Met Dochter)" tahun 1939, dan "Line Up For Rice in Jakarta" tahun 1948 menghadirkan potret perjalanan seni Affandi.

BACA JUGA:Lukisan Piramida: Seni yang Terinspirasi oleh Keajaiban Arsitektur dan Ornamen Kuno Mesir

Galeri II, yang dibuka pada tahun 1988 dengan luas 351,5 meter persegi, menampilkan lantai pertama sebagai ruang pameran dan lantai kedua sebagai tempat penyimpanan lukisan.

Di sini, pengunjung dapat menikmati karya-karya seniman populer lain seperti Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, dan Mochtar Apin. Galeri ini juga menjadi rumah bagi seni instalasi dan patung karya berbagai seniman lokal.

Galeri III, yang diresmikan pada tahun 2000, dibangun untuk memenuhi keinginan Affandi memiliki gudang yang cukup besar untuk menyimpan karya seni dan koleksinya.

Dengan tiga lantai, galeri ini menampilkan karya seni dari anggota keluarga Affandi, seperti sulaman karya Maryati, istri pertamanya, dan lukisan anak-anaknya, Rukmini dan Juki Affandi.

BACA JUGA:Mengungkap Mitos Lukisan Ikan Pembawa Rejeki Fakta atau Khayalan


Mobil sedan sport Mitsubishi Gallant GTO tahun 1973 milik Pelukis Affandi turut dipajang bersama lukisan-lukisan masterpiece Sang Maestro.--instagram.com/@andrias98

Museum ini menjadi tempat pameran bagi setidaknya 300 lukisan Affandi, ditambah dengan koleksi lukisan seniman lain.

Namun, pengunjung juga dapat menemukan barang-barang pribadi berharga, seperti mobil sedan sport Mitsubishi Gallant GTO tahun 1973 dan sepeda Raleigh.

Uniknya, di kompleks museum ini terdapat sebuah gerobak yang diubah menjadi rumah dengan kamar, dapur, dan kamar mandi.

Gerobak ini merupakan permintaan dari Maryati untuk menjadi tempat beristirahat sambil menyulam.

BACA JUGA:Misteri Lukisan Oei Hui Lan! Aura Dingin Sering Dirasakan Tamu Hotel

Tak hanya sebagai tempat pameran seni, Museum Affandi juga menawarkan pengalaman interaktif bagi pengunjung.

Mereka dapat mengunjungi Art Shop untuk membeli merchandise terkait Affandi, mengikuti kelas melukis, lokakarya, dan melihat demonstrasi seniman melukis di tempat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber