Sang Maestro Elly Rudy Pencipta Tari Tanggai Telah Dimakamkan, Menyisakan Kenangan dan Rasa Bangga

Sang Maestro Elly Rudy Pencipta Tari Tanggai Telah Dimakamkan, Menyisakan Kenangan dan Rasa Bangga

Sang Maestro Elly Rudy pencipta Tari Tanggai telah dimakamkan, menyisakan kenangan dan rasa bangga, Rabu (17/7/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Nurul Laili Anggraini yang akrab disapa Bunda Elly Rudy telah meninggal dunia dalam usia 76 tahun pada Selasa sore, 16 Juli 2024 sekitar pukul 14.30 WIB.

Bunda Elly Rudi adalah seorang penari legendaris dan pencipta tari tradisional Palembang yang hingga hari ini masih dipakai setiap acara resmi yaitu Tari Tanggai.

Almarhumah Elly Rudy telah dimakamkan pada hari ini Rabu, 17 Juli 2024 di TPU Kandang Kawat Bukit Lamo, sebelum salat Zuhur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Aufa Syahrizal mengatakan sangat merasa kehilangan atas meninggalnya Bunda Elly Rudy, yang terkenal sebagai maestro tari yang telah diakui secara nasional.

BACA JUGA:Langit Kreativitas Palembang Berselimut Duka, Maestro Elly Rudy Pencipta Tari Tanggai Meninggal Dunia


Aufa Syahrizal, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Rabu (17/7/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

"Innalillahi wa innailahi rojiun. Saya secara pribadi maupun kedinasan jujur kami merasa kehilangan atas meninggalnya Bunda Elly yang merupakan seorang Maestro Seni Tari, dan banyak karya beliau yang telah diakui dan juga merupakan pencipta Tari Tanggai," ucap Aufa Syahrizal.

Almarhumah Elly Rudy, lanjut Aufa, merupakan seorang yang semangat terutama dalam bidang seni, karya-karya nya sangat banyak.

"Tentunya luar biasa, Bunda Elly Rudy ini tidak pernah menolak ketika ada permintaan untuk menjadi narasumber dan melatih tari," tambah Aufa Syahrizal.

Sementara itu dari pihak keluarga, Meta mengatakan tidak menyangka atas meninggalnya Bunda Elly Rudy. Meta juga mengatakan ibunya tidak punya riwayat penyakit, hanya saja ada darah tinggi dan vertigo.

BACA JUGA:Mantan Wawako Palembang Diperiksa Kejari Palembang Soal Dana Hibah PMI, Penyidik: Belum Datang


Meta, anak Sang Maestro Tari Elly Rudy, Rabu (17/7/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

"Kami tidak menyangka ya, ketika pukul 14.30 kemaren posisinya seperti orang tidur aja dan riwayat penyakit juga tidak ada, hanya saja ada ada sakit darah tinggi. Maklum saja namanya orang tua serta sakit vertigo, tapi setiap minggu berobat terus," ungkap Meta, anak Bunda Elly Rudy.

Meta juga mengatakan bangga dengan seorang ibundanya yang menjadi Maestro Tari sekaligus pencipta Tari Tanggai dan memiliki banyak karya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv