Muslim Harus Tahu! Ini Penyebab Hati Gelisah, Gundah Gulana Menurut Islam dan Cara Mengatasinya

Muslim Harus Tahu! Ini Penyebab Hati Gelisah, Gundah Gulana Menurut Islam dan Cara Mengatasinya

Penyebab hati gelisah, gundah gulana menurut Islam dan cara mengatasinya.--freepik.com/@wirestock

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kegelisahan hati merupakan sesuatu yang wajar dan dapat dialami oleh siapapun. Karena hal tersebut merupakan bagian dari kodrat yang melekat pada diri manusia.

Perasaan gelisah, gundah gulana, atau kesedihan sering kali muncul tanpa diundang. Begitu pula dengan kebahagiaan, kegembiraan, dan ketenangan batin yang tiba-tiba menghampiri tanpa direncanakan.

Ini merupakan suasana kebatinan, kejiwaan, yang pasti dialami dan perasaan ini sering kali berubah setiap saat, setiap hari, bahkan dalam setiap jam yang kita lewati. 

Mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya terletak pada diri kita, pada ruh yang ada dalam badan kita.

BACA JUGA:Menyesal Telah Bercerai Lalu Ingin Rujuk, Begini Tata Caranya Menurut Islam


Perasaan gelisah, gundah gulana, atau kesedihan sering kali muncul tanpa diundang.--freepik.com/@freepik

Ruh ini menjadi sumber kebahagiaan dan kegelisahan, kesenangan dan gundah gulana. Oleh karena itu, mereka yang mampu memperbaiki ruhnya, membersihkan hati dan jiwa mereka, serta mengisi dengan berzikir kepada Allah SWT, akan menjadi orang yang beruntung.

Sebagai mana firman Allah SWT dalam QS Al-Syams Ayat 9 menegaskan bahwa sungguh beruntunglah orang-orang yang selalu membersihkan hati dan jiwa mereka, membersihkan ruhnya dan setelah itu diisi dengan berzikir kepada Allah SWT, serta mengingat Allah menyebut-nyebut Allah dan menyambungkan dirinya hanya dengan Allah SWT.

Sebagai seorang mukmin, idealnya kita mampu menata hati baik dalam keadaan gelisah maupun dalam keadaan gundah meskipun kehidupan penuh dengan masalah.

Dengan dasar iman yang kuat, dibangun di atas ilmu dan diaplikasikan dengan amal sholeh, hidup akan menjadi damai, terhindar dari kegelisahan yang berlebihan, kesedihan yang mendalam, dan kekhawatiran terhadap dunia yang tidak sesuai dengan harapan, atau terlalu fokus pada nikmat yang Allah SWT berikan kepada orang lain.

BACA JUGA:Adab Berpergian Liburan dalam Islam: Petunjuk dan Tuntunan


Ketika seseorang lupa bersyukur, hati dan pikirannya akan dipenuhi kesombongan, ketakutan, penyesalan, atau kegelisahan.--freepik.com/@wirestock

Mengutip dari buku "Usir Gelisah dengan Ibadah" karya Ustadz Syauqi Abdillah Zein menyebutkan, ada beberapa penyebab hati gelisah serta gundah gulana menurut Islam, antara lain:

1. Lupa untuk Bersyukur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber