Kalian Harus Tahu! 5 Faktor Penyebab DBD, yang Pertama Sering Kita Lakukan

Kalian Harus Tahu! 5 Faktor Penyebab DBD, yang Pertama Sering Kita Lakukan

Kalian Harus Tahu! 5 Faktor Penyebab DBD, yang Pertama Sering Kita Lakukan--freepik

2. Hindari tempat penampungan air

Hal ini juga menjadikan nyamuk berkembang biak, harus kita hindari tempat penampungan air. Apalagi bagi anak kecil yang suka bermain air, harus dihindari bermain dekat dengan genangan air yang terlalu lama, hal ini bisa menimbulkan penyakit demam berdarah disebabkan nyamuk aedes.

Kenangan air yang sering dihinggapi naymuk aedes yaitu seperti di drum, tangki reservoir, tempayan, bak mandi/wc, dan ember.


Kalian Harus Tahu! 5 Faktor Penyebab DBD, yang Pertama Sering Kita Lakukan--freepik

Bagi para ibu-ibu harus diperhatikan keluarganya sehingga terhindar dari demam berdarah, buang atau limpahkan keluar air yang mengandung genangan yang sudah lama, ganti dengan yang baru ya.

3. Pendidikan ibu rendah

Pendidikan ibu yang rendah mempengaruhi penyakit demam berdarah pada anak usia 6 sampai 12 tahun. Pokok ilmu pengetahuan sangat penting karena melalui pengetahuan masyarakat dapat memperoleh informasi lebih banyak, sehingga memperluas wawasan berpikir  mempengaruhi pola pikir masyarakat dan permainan informasi yang diterima.

Semakin tinggi tingkat pengetahuan seseorang maka semakin banyak pula informasi yang dapat ditangkapnya sehingga mempengaruhi pengetahuan seseorang tersebut. Ketidaktahuan masyarakat terhadap  penyakit DBD disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah rendahnya tingkat pendidikan seperti yang telah disebutkan.

Selain itu, masyarakat mungkin memiliki pengetahuan yang terbatas tentang penyakit ini karena ketidaktahuan dan kurangnya konseling yang efektif. Rendahnya tingkat pendidikan membuat masyarakat sulit memahami konsep  penyakit DBD.

BACA JUGA:Mantap, Kakorlantas Polri Dapat Kado Natal Mobil Listrik untuk Patroli

4. Kebiasaan tidak memakai baju panjang 

Mengenakan pakaian panjang merupakan salah satu cara menghindari gigitan nyamuk. Pakaian panjang mengurangi risiko digigit nyamuk Aedes aegypti karena  menutupi bagian tubuh seperti lengan dan kaki.

Mengetahui bahwa memakai baju panjang dapat mencegah penyakit DBD, maka orang tua harus mewaspadai dan mengajari anaknya untuk selalu memakai baju panjang, baik di rumah maupun di sekolah.

5. Disarankan untuk menggunakan obat  nyamuk 

Penggunaan obat  nyamuk merupakan faktor risiko penting untuk mencegah gigitan nyamuk. Beberapa orang tidak  menggunakan obat nyamuk pada siang hari dan hanya menggunakan obat nyamuk  pada malam hari, seperti semprotan serangga atau kelambu, karena menganggap nyamuk lebih aktif pada siang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber