Kalian Harus Tahu! 5 Faktor Penyebab DBD, yang Pertama Sering Kita Lakukan

Kalian Harus Tahu! 5 Faktor Penyebab DBD, yang Pertama Sering Kita Lakukan

Kalian Harus Tahu! 5 Faktor Penyebab DBD, yang Pertama Sering Kita Lakukan--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- DBD juga dapat disebabkan oleh nyamuk Aedes Albopictus yang hidup di hutan atau di luar kota (WHO, 2018).

Pada tahun 2015, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan populasi global sebesar 3,9 miliar orang di 128 negara tropis dan subtropis. Anda berisiko tertular virus demam berdarah yang memiliki 96 juta kasus.

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan masalah utama di Asia Tenggara. Pasalnya, dalam kurun waktu lebih dari 40 tahun, 67.295 orang telah meninggal akibat 68.977 penyakit di seluruh dunia. Hal ini menunjukkan rata-rata jumlah kematian  akibat flu sebanyak 1.682 orang.

Berdasarkan segitiga epidemiologi, faktor penyebab munculnya penyakit ini dipengaruhi oleh faktor manusia sebagai inangnya dan nyamuk Aedes aegypti pembawa penyakit DBD.

BACA JUGA:Demam Berdarah: 5 Fakta Menarik yang Bisa Menyelamatkan Nyawa

Lingkungan memiliki dampak yang signifikan terhadap angka kematian individu, termasuk sosial, ekonomi, dan yang terpenting perilaku sosial, pertumbuhan penduduk, perumahan, dan kawasan transportasi, serta masih terdapatnya tempat berkembang biak nyamuk yang menularkan penyakit demam berdarah.

Contoh perilaku preventif antara lain mengenakan pakaian panjang, menggunakan obat  nyamuk,  menggantung pakaian di dalam ruangan, dan pengucilan sosial.

diabaikan dan diabaikan. Itu adalah faktor lain yang meningkatkan kejadian demam berdarah. Selain itu, penyakit  seseorang, jenis virus, riwayat kesehatan, dan usia dapat mempengaruhinya.

Simak lebih lengkapnya fakto-faktor pendukung terjadinya penyakit demam berdarah, diingat hal ini harus kita hindari, demam berdarah adalah penyakit yang tidak bisa dianggap sepeleh, jadi harus terus berhati-hati. Berikut kebiasaan yang menyebabkan gampang digigit nyamuk demam berdarah.


Kalian Harus Tahu! 5 Faktor Penyebab DBD, yang Pertama Sering Kita Lakukan--freepik

1. kebiasaan suka gelap menimbulkan demam berdarah

Nyamuk aedes suka sekali menempatkan dirinya di tempat yang gelap. Hal ini karena tempat gelap lebih mudah mengincar mangsanya yaitu manusia, karena gelap juga merupakan titik buta manusia.

Tidak bisa melihat dengan jelas menjadikan nyamuk bisa menghisap darah manusia, dan titik butanya yang dihisap seperti kaki, siku, tangan, dan bagian tubuh belakang. Hal ini kerap sekali menjadi santapan khas nya nyamuk.

Dengan hal itu haruslah kita ketika malam hari atau tempat yang gelap di siang hari, menghidupkan lampu karena dengan hal itu bisa mengurangi resiko dari terkena penyakit demam berdarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber