Demam Berdarah: 5 Fakta Menarik yang Bisa Menyelamatkan Nyawa

Demam Berdarah: 5 Fakta Menarik yang Bisa Menyelamatkan Nyawa

Demam Berdarah: 5 Fakta Menarik yang Bisa Menyelamatkan Nyawa--unsplash

Area-area ini tidak akan hilang ketika diklik. Bintik merah ini  muncul 2 hingga 5 hari setelah demam. Selain itu, sebagian besar penderita demam berdarah  mengalami mimisan dan mudah mengeluarkan darah dari bibir.

4. Memasuki fase kritis

Memasuki fase kritis, infeksi demam berdarah mungkin hilang dalam  waktu 24 jam setelah gejala seperti jumlah darah putih rendah muncul.

Pada kondisi ini, jumlah sel darah putih 5.000/mm3 atau 5.000 hingga 10.000 sel darah putih/mm3 disebut leukopenia baru. Gejala lainnya adalah munculnya limfositosis yang berarti peningkatan limfosit.

Akhirnya, limfosit atipikal meningkat, yaitu  limfosit plasma biru meningkat. Hilangnya demam berarti penderitanya memasuki fase buruk.

5. Demam berdarah menimbulkan komplikasi

Demam berdarah menimbulkan komplikasi, permasalahan yang dihadapi penderita DBD adalah kerusakan pembuluh darah yang dapat menyebabkan pendarahan.

Demam berdarah dapat menyebabkan  komplikasi serius jika tidak ditangani sejak dini. Ini dimulai dengan kejang dan berlanjut ke kegagalan sistem organ, termasuk penyakit hati, jantung, otak, dan paru-paru, syok, dan kematian.

Inilah fakta penting yang harus kalian tahu tentang demam berdarah, harus berhati-hati, karena demam berdarah bisa menyerang kalian dimana saja dan kapan saja.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: