Demam Berdarah: 5 Fakta Menarik yang Bisa Menyelamatkan Nyawa

Demam Berdarah: 5 Fakta Menarik yang Bisa Menyelamatkan Nyawa

Demam Berdarah: 5 Fakta Menarik yang Bisa Menyelamatkan Nyawa--unsplash

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Demam berdarah (DBD) merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang terjadi di wilayah tropis dan subtropis di dunia. Gejala  umum Demam berdarah antara lain demam tinggi dan gejala mirip flu.

Sedangkan pada kasus DBD yang parah, kondisi ini dapat menyebabkan pendarahan hebat, penurunan tekanan darah secara cepat (mendadak), hingga kematian.  

Jutaan kasus  demam berdarah dengue terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya. Demam berdarah biasanya terjadi di Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, Amerika Latin, dan Afrika.

Namun kini penyakit tersebut telah menyebar ke wilayah baru, termasuk wabah regional di Eropa dan  Amerika Selatan.

BACA JUGA: Yamaha XMAX 250, Rajanya Motor Matic Premium Terbaik Dari Yamaha!

Cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menghindari gigitan nyamuk dan mengambil tindakan untuk mengurangi populasi nyamuk.

Penyakit ini mirip sekali dengan musim hujan. Pasalnya, banyak daerah yang rawan banjir sehingga memudahkan nyamuk tumbuh dan berkembang biak. 

Kita semua pasti mengenal penyakit demam berdarah dengue (DBD), terutama saat musim hujan apalagi di penghujung tahun 2023 sekarang ini bulan desember menuju januari awal tahun 2024.

Gelombang gejala demam berdarah ditambah dengan gelombang pemilu hehe, sangat harus kita menjaga kondisi badan kita tetap fits supaya bisa beraktivitas normal seperti biasanya.


Demam Berdarah: 5 Fakta Menarik yang Bisa Menyelamatkan Nyawa--unsplash

Simak selengkapnya dan pelajari lebih lanjut fakta-fakta menarik dari demam berdarah yang ditimbulkan oleh nyamuk aedes. Nah, berikut beberapa fakta penting tentang demam berdarah yang perlu kita ketahui.

1. Demamnya Tidak Bisa Dibedakan

Umumnya demam merupakan gejala awal penyakit demam berdarah. Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang salah paham mengenai penyakit flu  yang terjadi saat musim hujan seperti sekarang.

Lalu bagaimana  cara membedakan demam berdarah dan flu?Hmm, jawabannya sederhana. Tak terpisahkan! Oleh karena itu, bila demam tidak kunjung turun pada hari ketiga, sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah pada hari keempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: