Seperti Apa Hubungan Mahram Ayah dan Anak Tiri serta Hak dan Kewajibannya Menurut Pandangan Islam?

Seperti Apa Hubungan Mahram Ayah dan Anak Tiri serta Hak dan Kewajibannya Menurut Pandangan Islam?

Hubungan mahram ayah dan anak tiri serta hak dan kewajibannya menurut pandangan Islam.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ketika seorang ibu memutuskan untuk menikah lagi, maka akan muncul hubungan antara seorang ayah dengan anak tirinya. Meskipun terlihat umum, hubungan ini terkadang menjadi canggung. 

Kondisi ini mungkin timbul karena ketiadaan ikatan darah di antara mereka. Anak tirinya mungkin merasa canggung dan tidak memiliki hubungan yang sama seperti anak dan ayah pada umumnya, terutama jika anak tersebut perempuan. 

Dalam hukum Islam, ketika seorang lelaki menikahi seorang janda yang memiliki anak perempuan, status anak perempuan ini disebut sebagai "rabibah" bagi suami ibunya. 

Apakah rabibah ini mahram bagi suami ibunya?

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Pentingnya Memahami Adab Bertetangga dalam Islam, Ada Hak yang Harus Dipenuhi

Allah telah menjelaskan masalah ini dalam Alquran QS. An-Nisa': 23, yang artinya:

“(Di antara wanita yang haram dinikahi adalah) anak-anak (perempuan) istrimu yang dalam asuhanmu dari istri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu mengawininya.” (QS. An-Nisa’: 23) 

Dikutip dari laman Islamqa.info, Rabibah merupakan anak perempuan dari istri, dianggap sebagai mahram bagi laki-laki yang menikahi ibu dari anak tersebut. 

Dalam hukum Islam, seseorang yang terikat akad nikah dengan ibu kandung secara hukum dianggap sebagai ayah dari anak-anaknya.

BACA JUGA:Bisa Ditiru, Ini Cara Berdagang Ala Rasulullah SAW Agar Bisnis Makin Sukses dan Berkah


Rabibah merupakan anak perempuan dari istri, dianggap sebagai mahram bagi laki-laki yang menikahi ibu dari anak tersebut.--freepik.com/@rawpixel.com

Dengan demikian, baik hubungan tersebut disebabkan oleh keturunan atau akad nikah, tidak ada perbedaan hukum dalam mendidik dan berinteraksi dengan anak-anak. Hal ini ditegaskan dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa: 22-23. 

Adapun Hak dan kewajiban seorang ayah terhadap anak tiri perempuan mencakup beberapa aspek:

1. Berlaku Baik pada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber