Inilah 6 Dampak yang Ditimbulkan Sembelit

Inilah 6 Dampak yang Ditimbulkan Sembelit

Dampak yang Ditimbulkan Sembelit --Foto : – freepik.com/@jcomp

Salah satu gejala yang selalu Anda perhatikan adalah kekurangan serat: sembelit, penambahan berat badan, dan fluktuasi gula darah.

BACA JUGA:Apa yang Dimaksud Gangguan Mood Disforik Pramenstruasi dan Apa Bedanya dengan PMS?

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

2. Kurangnya Konsumsi Cairan

Minum cukup air sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dehidrasi dapat menyebabkan tinja menjadi kering dan sulit untuk melewati saluran pencernaan.

Tanpa air dalam tubuh Anda, usus Anda menyerap air dari tinja, menyebabkannya mengering dan mengeras. Oleh karena itu, selain memperhatikan pola makan saat sakit, jangan lupa juga untuk menjaga asupan air putih.

BACA JUGA:Rambut Rontok Sering Dialami Setiap Orang dan Bikin Sebel, Inilah 5 Cara Menghindarinya

Penyakit Kronis sembelit--Foto : freepik.com/@jcomp

Minumlah  8 gelas air sehari. Untuk menjaga berat badan yang sehat, Anda juga harus menghindari minuman manis, karena akan memungkinkan Anda menambah lebih banyak kalori.

3. Efek Samping Obat

Beberapa obat dapat menyebabkan sembelit sebagai efek samping. Misalnya, obat penghilang rasa sakit, obat penenang, atau obat penurun tekanan darah tertentu.

4. Penyakit Kronis

BACA JUGA:Covid Kambuh Lagi: Ini Cara meningkatkan Kekebalan Tubuh Secara Alami

Penyakit kronis seperti sindrom iritasi usus, diabetes, atau gangguan tiroid dapat mempengaruhi fungsi usus dan menyebabkan sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber