13 Jenis Selai Nanas: Begini Resep Membuat Selai Tanpa Pengawet untuk Kudapan Lezat

13 Jenis Selai Nanas: Begini Resep Membuat Selai Tanpa Pengawet untuk Kudapan Lezat

13 Jenis Selai Nanas: Begini Resep Membuat Selai Tanpa Pengawet untuk Kudapan Lezat--instagram.com/@natalia82wijaya

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Untuk sebagian orang, selai buah bukan sekadar bahan makanan biasa, melainkan sebuah keharusan yang harus selalu ada di dapur. selai buah menjadi teman sempurna roti tawar di pagi hari atau isian lezat untuk nastar dan berbagai jenis roti lainnya.

Selai nanas, yang terbuat dari buah nanas yang dihancurkan dan dimasak dengan gula, memberikan sensasi manis dan asam yang unik.

Buah nanas sendiri kaya akan vitamin B1 dan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, banyak selai nanas di pasaran mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet tambahan untuk meningkatkan daya tahan.

Oleh karena itu, membuat selai nanas sendiri menjadi pilihan yang lebih sehat.

BACA JUGA:Modifikasi Mobil Terbang Mansory: Masa Depan Hypercar di Dunia Otomotif

1. Selai Nanas Homemade

Bahan: 1 buah nanas kupas dan blender halus, 100 gr gula kelapa, 2 cm kayu manis, 5 butir cengkeh, 2 sdt air lemon, 1/4 sdt garam

Cara membuat:

Masukkan nanas blender ke wajan dan masak dengan api kecil hingga air nanas menyusut. Tambahkan gula kelapa, kayu manis, cengkeh, air lemon, dan garam. Aduk rata.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 10 Lokasi Terselubung Jerawat pada Tubuh yang Perlu Diperhatikan

Terus masak dan aduk hingga selai nanas benar-benar set dan bisa dipulung. Dinginkan dan simpan di kulkas selama 24 jam sebelum digunakan.

2. Selai Nanas Aroma Daun Pandan

Bahan: 2 kg nanas besar (diblender), 385 gr gula pasir, 1/2 sdt garam, 2 batang kayu manis, 4 lembar daun pandan.

Cara membuat: Masukkan nanas, kayu manis, dan daun pandan ke dalam wajan. Aduk hingga air menyusut. Tambahkan gula dan garam, aduk hingga selai nanas bisa dibentuk. Selai nanas siap digunakan, terutama untuk nastar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber