Wajib Tahu! Ini 10 Lokasi Terselubung Jerawat pada Tubuh yang Perlu Diperhatikan

Wajib Tahu! Ini 10 Lokasi Terselubung Jerawat pada Tubuh yang Perlu Diperhatikan

Jerawat terkena pada leher -Angélica Echeverry-unsplash

Bahu adalah area lain di mana jerawat dapat tumbuh. Seperti halnya dengan punggung, kelenjar minyak yang aktif dan penumpukan sel-sel kulit mati di folikel rambut menyebabkan jerawat.

Pakaian yang bersentuhan dengan bahu, terutama jika itu terbuat dari bahan yang tidak bernapas, dapat memperburuk masalah jerawat.

BACA JUGA:7 Panduan Kilat Mengenal Oli Palsu: Risiko Merusak Mesin Kendaraan

5. Leher (Neck)

Meskipun jerawat cenderung lebih sering muncul di area wajah, mereka juga dapat muncul di leher. Kelenjar minyak dan folikel rambut di leher dapat menjadi tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembang, menyebabkan jerawat. Gesekan dari pakaian dan perhiasan di sekitar leher juga dapat memicu jerawat.

6. Kepala (Scalp)

Jerawat di kepala dapat muncul di kulit kepala dan di sekitar garis rambut. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penumpukan minyak berlebih di folikel rambut, iritasi kulit, atau infeksi bakteri.

Penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras juga dapat berkontribusi pada munculnya jerawat di kepala.

7. Area Lipatan Tubuh (Body Folds)

Area-area di mana kulit saling bergesekan, seperti lipatan tubuh (misalnya, lipatan di bawah payudara atau di selangkangan), juga dapat menjadi tempat munculnya jerawat. Kelembaban dan gesekan di daerah ini menciptakan kondisi yang mendukung pertumbuhan bakteri dan jerawat.

Faktanya, penyebab jerawat tubuh tidak  berbeda dengan penyebab jerawat di permukaan. Artinya minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit.


Jerawat terkena pada kaki -SIM Graphic Design-unsplash

8. Lengan (Arms)

Lengan juga dapat menjadi lokasi jerawat, terutama jika terdapat kombinasi antara kelenjar minyak yang aktif dan penggunaan pakaian yang dapat menyebabkan iritasi atau gesekan berlebihan.

9. Bokong (Buttocks)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: