Penuhi Pasar Domestik! Wuling Binguo Ev Belum Berencana Ekspor Produksi Mobil Listriknya

Penuhi Pasar Domestik! Wuling Binguo Ev Belum Berencana Ekspor Produksi Mobil Listriknya

Penuhi Pasar Domestik! Wuling Binguo Ev Belum Berencana Ekspor Mobil Listriknya--wuling.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Wuling Indonesia tampaknya memprioritaskan pangsa pasar domestik untuk mobil listriknya, Binguo EV, sebelum menjelajahi peluang ekspor ke luar negeri.

Dalam wawancara dengan Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani, disampaikan bahwa meskipun ada ketertarikan dari beberapa negara untuk mendapatkan Binguo EV buatan Indonesia, fokus utama perusahaan tetap pada pemasaran lokal.

Keputusan Wuling Indonesia ini  diambil dengan mempertimbangkan pertumbuhan pasar mobil listrik dalam negeri yang masih memiliki potensi besar.

Dian Asmahani menegaskan bahwa kondisi pertama yang harus dipenuhi adalah fokus ke pasar domestik. Meskipun demikian, dia tidak menutup kemungkinan untuk mengexpor mobil listrik ke negara lain di masa depan.

BACA JUGA:Hati Hati! Penelitian Menunjukkan Beberapa Pengiklan Melakukan Penyadapan.

Pernyataan tersebut memberikan gambaran bahwa Wuling Indonesia mungkin akan melangkah ke pasar internasional setelah mengkonsolidasikan posisinya di dalam negeri. Meski belum ada rencana pasti, hal ini menunjukkan bahwa ekspansi global tetap menjadi opsi yang terbuka.

Seiring dengan kebijakan untuk meningkatkan porsi komponen dalam negeri, Wuling Motors menekankan bahwa Binguo EV yang akan dikirimkan kepada konsumen di Indonesia akan memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal sebesar 40%.

Langkah ini tidak hanya mendukung pertumbuhan industri dalam negeri, tetapi juga dapat memberikan keuntungan bagi konsumen, seperti potongan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang signifikan.

Dengan potensi potongan PPN dari 11% menjadi 1%, ini dapat menjadi pendorong positif untuk meningkatkan minat konsumen dalam negeri terhadap mobil listrik.

BACA JUGA:Bagian Perang! Jurnalis Gaza Taruhkan Nyawa Demi Membuka Mata Dunia

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor mobil Wuling telah mengalami peningkatan yang signifikan selama Januari-November 2023.

Dengan total 1.425 unit yang diekspor, ini mencerminkan peningkatan sebesar 7.816% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Mobil listrik Wuling Air EV mendominasi jumlah ekspor, mencapai 1.404 unit, diikuti oleh Cortez sebanyak 12 unit, Almaz 2 unit, dan kendaraan pikap Formo 7 unit.

Thailand menjadi destinasi utama ekspor bagi Wuling, menerima sebanyak 1.306 unit mobil listrik Air EV dari Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber