Baterei Mobil Listrik Sudah 0 Persen, Bisakah Mobil Tetap Jalan ?

Baterei Mobil Listrik Sudah 0 Persen, Bisakah Mobil Tetap  Jalan ?

Baterei Mobil Listrik Sudah 0 Persen, Bisakah Mobil Tetap Jalan ?--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mobil listrik menjadi pilihan yang semakin populer di era modern ini, diiringi dengan beragam kekhawatiran terkait baterai yang mungkin habis di tengah perjalanan.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah mobil listrik masih dapat berjalan ketika baterainya mencapai 0%.

Baterai merupakan komponen krusial dalam menjalankan mobil listrik, menjadi sumber tenaga untuk menggerakkan motor listrik. Tanpa baterai yang memadai, motor listrik tidak akan mampu menggerakkan mobil.

Sebagai langkah preventif, sangat disarankan untuk melakukan pengisian ulang baterai sebelum mencapai level 0%.

BACA JUGA:WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Terbaru! Lihat Apakah Fitur Yang Ditunggu Pengguna Android dan Ios

Banyak lokasi telah dilengkapi dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memudahkan proses pengisian ulang ini.

Meskipun demikian, dalam keadaan darurat di mana baterai benar-benar habis, masih ada opsi yang bisa diandalkan.

Senior Manager After Sales PT Neta Auto Indonesia, Januar Eka Sapta, menjelaskan bahwa mobil listrik dilengkapi dengan fitur towing mode; yang dapat diaktifkan setelah baterai mencapai level 0%.

Towing mode ini memberikan sisa daya yang cukup untuk menjalankan mode derek, sehingga mobil dapat dipindahkan ke lokasi yang lebih aman atau ke stasiun pengisian ulang terdekat.

BACA JUGA:PT Sriwijaya Mega Wisata Jalin Kerja Sama dengan Bank Mega Syariah

''Setelah 0%, ada towing mode, jadi masih ada sisa daya untuk towing mode. Jadi kondisinya, misal baterai sudah habis, kita dapat peringatan, berhenti, dan kemudian memudahkan proses derek,'' ungkap Januar.

Fitur towing mode tidak hanya bermanfaat saat baterai habis, tetapi juga dapat digunakan dalam situasi darurat lainnya ketika mobil tidak dapat bergerak. Fitur ini merilis ban dan rem, memudahkan proses derek mobil.

Meskipun towing mode memberikan solusi ketika baterai sudah habis, perlu diingat bahwa fitur ini tidak dapat digunakan jika mobil benar-benar mati.

Dalam kondisi tersebut, towing mode tidak berlaku, dan mobil perlu ditangani secara manual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber