Beberapa Hewan Ini Boleh Dibunuh Bahkan Disunahkan dalam Islam, Ternyata ini Alasannya

Beberapa Hewan Ini Boleh Dibunuh Bahkan Disunahkan dalam Islam, Ternyata ini Alasannya

Ular dan tikus termasuk hewan yang boleh dibunuh bahkan disunahkan dalam Islam.--freepik.com/@kuritafsheen77

Meski demikian, Rasulullah SAW menganjurkan untuk tidak langsung membunuh ular, melainkan sebelumnya diusir dengan memukul tubuhnya, khususnya jika ular masuk ke dalam rumah.

BACA JUGA:Perspektif Islam dan Ekonomi: Bolehkah Menikahkan 2 Anak dalam 1 Tahun?

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam Hadits Riwayat Muslim:

"Sesungguhnya ada ular-ular yang berada di rumah apabila kalian melihat satu dari mereka, maka buatlah peringatan padanya tiga kali. Jika ia pergi maka biarkan dan bila tidak mau pergi maka bunuhlah karena ia itu kafir."

2. Cicak

Cicak yang sering ditemukan di dalam rumah, juga boleh dibunuh dalam Islam. Selain aspek keagamaan, dunia medis juga menyarankan untuk membunuh cicak karena dapat membawa bakteri yang dapat menyebabkan penyakit perut dan gangguan pencernaan. Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Berikut Amalan Sederhana Berpahala Besar yang Bisa Dilakukan Setiap Hari


Cicak dapat membawa bakteri yang dapat menyebabkan penyakit perut dan gangguan pencernaan.--freepik.com/@wirestock

"Barangsiapa yang membunuh cicak sekali pukul maka akan dituliskan pahala untuknya seperti seratus kebaikan, dan barangsiapa memukulnya lagi maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama, dan barangsiapa memukulnya lagi maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua." (Hadits Riwayat Muslim)

Selain itu, Ummul Mukminin Aisyah Radhiyallahu Anhu juga menceritakan bahwa Nabi Ibrahim AS, ketika dilemparkan ke dalam api oleh Raja Namrud, tidak ada hewan yang berusaha memadamkan api kecuali cicak. (HR Ahmad dan An Nasa’i)

3. Tikus

Tikus, yang terkenal sebagai hewan kotor dan penyebab penyakit, termasuk hewan yang boleh dibunuh dalam Islam. Tikus dianggap haram untuk dimakan dan disebut sebagai hewan fasik.

BACA JUGA:Kisah Maryam, Nama yang Tertulis Indah dalam Al-Qur’an


Tikus terkenal sebagai hewan kotor dan penyebab penyakit, termasuk hewan yang boleh dibunuh dalam Islam.--freepik.com/@freepik

Dikisahkan dalam sebuah hadis, seekor tikus keluar menarik sumbu lentera lalu memasukkannya ke dalam api depan Rasulullah SAW. Api sempat membakar tikar seukuran uang dirham. Rasulullah SAW bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber