Waspada! 4 Perkara Ini Dapat Menghambat Seseorang Masuk Surga Meski Rajin Beribadah

Waspada! 4 Perkara Ini Dapat Menghambat Seseorang Masuk Surga Meski Rajin Beribadah

Waspada! 4 Perkara Ini Dapat Menghambat Seseorang Masuk Surga Meski Rajin Beribadah--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Setiap muslim pasti ingin masuk surga. Bagi seluruh umat muslim, surga adalah tujuan akhir yang diinginkan. surga dijanjikan sebagai tempat penuh kenikmatan oleh Allah Azza wa Jalla bagi hamba-Nya yang beriman dan bertakwa.

Meskipun keinginan untuk masuk surga ada pada semua orang, namun rasa keinginan saja tidaklah cukup. Untuk dapat mencapai surga, diperlukan perjuangan dan kesungguhan dalam mempersiapkan bekal untuk surga, yaitu melalui beribadah kepada Allah SWT.

Dikutip dari laman kemenag.go.id, terdapat beberapa perkara yang dapat menjadi penghalang bagi seseorang untuk masuk surga. perkara-perkara tersebut berkaitan dengan hubungan antar sesama manusia. Meskipun orang tersebut amal ibadahnya sudah banyak, perkara-perkara ini dapat menjadi penghambat di pintu surga nanti.

 Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, disebutkan bahwa ada tiga hal yang dapat menjadi penghalang bagi seorang Muslim untuk masuk surga. Rasulullah SAW bersabda,

 BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Berikut Amalan Sederhana Berpahala Besar yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

"Barangsiapa, pada saat rohnya berpisah dari jasadnya, ia terbebas dari tiga hal, maka ia akan masuk surga, yakni; sombong, mencuri ghanimah sebelum dibagi, dan hutang." (HR Ibnu Majah).

Berikut adalah perkara-perkara yang dapat menjadi penghalang bagi seorang Muslim untuk masuk surga, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Sombong

Meskipun terlihat sepele, namun sikap sombong sebaiknya dihindari oleh seorang Muslim. Sikap sombong ini, meskipun mungkin tidak disadari bisa saja melekat pada diri kita, dan ini  merupakan sikap yang dibenci oleh Allah SWT. Seperti yang tercantum dalam QS. Luqman:18,

 BACA JUGA:Kisah Maryam, Nama yang Tertulis Indah dalam Al-Qur’an


Sikap sombong sebaiknya dihindari oleh seorang Muslim--Gambar : freepik- @racoolstudio.jpg

"Dan janganlah kalian memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri." (QS. Luqman:18).

Hadits dari Shahih Muslim juga menyebutkan bahwa kesombongan dapat menjadi penghalang bagi seseorang untuk masuk surga. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

“Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat sifat sombong walaupun sebesar atom”. (HR. Muslim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber