Wow, Begini Ternyata Cara Kerja Mesin Mobil (DOHC).

Wow, Begini Ternyata Cara Kerja Mesin Mobil (DOHC).

Wow, Begini Ternyata Cara Kerja Mesin Mobil (DOHC).-- momobil

BACA JUGA:Rematik: Ancaman Serius yang Harus Diwaspadai Seumur Hidup

Hisap (Pemasukan). Katup masuk terbuka dan gerakan piston ke bawah akan menghasilkan hisapan. Hal ini dapat menarik campuran udara dan bahan bakar ke dalam silinder.

Kompresi. Lalu, setelah campuran udara bahan bakar berada di dalam silinder, langkah kompresi mulai mengompresi pencampuran tersebut.

Dan pada saat inilah katup masuk dan keluar tetap tertutup. Pada akhir langkah kompresi, campuran udara dan bahan bakar akan dinyalakan oleh busi.

Tenaga. Ledakan tersebut memberikan tekanan dan mendorong piston ke bawah. Ini adalah langkah tenaga yang menghasilkan tenaga ke engkol.

BACA JUGA:Tembus 2000 Lebih Penjualan, Cek Wuling Binguo EV Mana yang Laris

Langkah Buang. Pada langkah buang, katup keluar terbuka dan piston mendorong keluar gas yang terbakar. Siklusnya di mulai lagi dari langkah hisapan (masuk) menjaga mesin agar tetap berjalan dan tetap menghasilkan tenaga.

Untuk mesin dengan karburator, udara dan bahan bakar dicampur di dalam rakitan karburator dan diumpankan ke silinder.

Di dalam kasus mesin injeksi, bahan bakar di injeksikan ke dalam intake manifold atau saluran masuk atau masuk langsung ke dalam silinder.

Karena hanya satu langkah tenaga yang menghasilkan tenaga itu sendiri, kamu mungkin akan bertanya –tanya bagaimana mesin dapat berputar dengan terus menerus ? nah, jawaban nya adalah ada pada engkol itu sendiri.

BACA JUGA:Sebelum Membeli Mobil Listrik, Perhatikan Dahulu 5 Hal Ini Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Rodal dan penyeimbang engkol memberikan momentum yang dapat menjaga poros engkol agar tidak langsung berhenti.

Dan untuk mesin empat silinder, mengingat kapan saja satu silinder bisa selalu berada pada langkah tenaga yang bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar dan getaran yang lebih sedikit dibandingkan dengan mesin satu silinder.

Nah, begitulah cara kerja mesin mobil untuk menghasilkan sebuah tenaga secara sederhana.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber