Wow, Begini Ternyata Cara Kerja Mesin Mobil (DOHC).

Wow, Begini Ternyata Cara Kerja Mesin Mobil (DOHC).

Wow, Begini Ternyata Cara Kerja Mesin Mobil (DOHC).-- momobil

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Istilah DOHC sangat banyak tertera di mobil dan motor. Namun sebagian tidak begitu paham apa itu DOHC.

DOHC sendiri merupakan singkatan dari Double Overhead Camshaft atau sebagai poros ganda. DOHC saat ini banyak diadopsi oleh produsen mobil dunia, terutama untuk mobil-mobil yang baru dikeluarkan.

Struktur internal dari mesin empat silinder segaris. Ada 4 langkah mesin DOHC (Double Overhead Camshaft) yang umum atau biasa ditemukan di sebagian besar mobil hatchback dan sedan.

Mesin mobil empat langkah ini pun harus melewati empat langkah yang berbeda untuk bisa menyelesaikan satu siklus guna bisa menghasilkan tenaga, langkah tersebut adalah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga, dan langkah buang.

BACA JUGA:Apa Bedanya Mengisi Angin Ban Menggunakan Angin Biasa dengan Nitrogen? Simak Perbedaannya Berikut Ini!

Mesin mobil menghasilkan tenaga dari pemuaian udara terkompresi di dalam silinder dengan bantuan bahan bakar. Itu lah sebabnya mengapa mesin mobil disebut sebagai mesin pembakar internal.

Sebelum masuk ke cara kerja, mari kita lihat terlebih dahulu bagian – bagian utama yang terlibat di dalam cara kerja suatu mesin, yaitu :

Poros Engkol. Bagian Ini merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah gerak linier piston sehingga menjadi gaya rotasi.

Piston Dan Batang Piston. Piston akan terdorong ke arah bawah karena pemuaian udara yang terkompresi lalu memutar poros engkol. Tak hanya itu, piston pun menjadi katup yang mengontrol aliran udara dan bahan bakar ke dalam silinder. Lalu, katup – katup ini digerakkan oleh poros bubungan masuk dan poros bubungan buang.

BACA JUGA:Seorang Pria Bejat di Sanga Desa Kabupaten Muba Ditangkap Telah Hamili Anak Tiri Usia 17 Tahun

Sedangkan poros bubungan digerakkan oleh engkol itu sendiri. Dengan menggunakan timing belt akan terdapat idler pulley dan tensioner pulley untuk menahan sabuk agar tetap kencang sesuai pada tempatnya.

Rasio engkol terhadap poros bubungan adalah dua banding satu, yang berarti diperlukan dua putaran engkol untuk menyelesaikan satu putaran poros bubungan dan poros bubungan dirancang secara responsif untuk membuka atau menutup berdasarkan langkah yang sesuai pada setiap silinder.

Mari kita lihat silinder tunggal dan cara kerja mesin empat langkah secara detail. Untuk menyalakan campuran udara dan bahan bakar digunakanlah busi.

Hal ini akan memicu campuran bahan bakar udara terkompresi dengan bantuan percikan listrik. Selanjutnya kita bahas setiap langkahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber