Menguak Teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) Pembayaran Tol dan Pengujian Awal di Indonesia

Menguak Teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) Pembayaran Tol dan Pengujian Awal di Indonesia

Teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) pembayaran tol dan pengujian awal di Indonesia.--instagram.com/@pupr_bpjt

Setelah E-OBU diaktifkan, GPS akan menentukan posisi pengguna berdasarkan sinyal satelit, dan proses pencocokan peta akan terjadi di pusat sistem.

BACA JUGA:Ini Loh Manfaat Kopi untuk Kecantikan, Pesona Kulit Wajahmu Bisa Bikin Mantan Menyesal!

Penting bagi pengguna untuk memastikan saldo di aplikasi mencukupi sebelum memasuki gerbang tol untuk melakukan transaksi.

Titik Uji Coba MLFF

Meskipun masih dalam tahap uji coba terbatas, pemerintah telah menentukan lokasi pengujian di pulau Bali, khususnya di Jalan Tol Bali Mandara.

Uji coba terbatas ini dirancang untuk memastikan kendali yang baik, dan Kementerian PUPR akan menempatkan barrier di gerbang tol MLFF untuk mencegah potensi kerugian.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Berikut Amalan Sederhana Berpahala Besar yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Menurut Menteri PUPR Basuki, evaluasi hasil uji coba di Bali akan menjadi landasan untuk melanjutkan MLFF ke jalan tol lain di Jawa.

Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian, menyebutkan bahwa selain di Bali, MLFF juga telah diimplementasikan di jalan tol Jagorawi dan Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Pembangunan Gantry untuk Persiapan

Sebagai langkah persiapan, pembangunan gantry, yaitu gerbang tol yang dilengkapi perangkat identifikasi untuk mendata kendaraan, telah dilakukan di Jagorawi.

BACA JUGA:Tak Tersentuh Perbaikan Pemerintah, Relawan Kampung Inisiasi Bantu Renovasi SD Negeri 1 Lubuk Dalam OKI

Gantry ini berfungsi secara otomatis memverifikasi kendaraan dengan cepat, sehingga pengendara tidak perlu berhenti, menggantikan opsi utama pembayaran tol saat ini menggunakan kartu uang elektronik.

Melalui penerapan MLFF dan penggunaan Cantas, Indonesia memasuki babak baru dalam sistem pembayaran tol yang lebih efisien dan modern.

Dengan uji coba yang terkontrol dan evaluasi yang cermat, diharapkan bahwa MLFF dapat menjadi solusi pembayaran tol yang memadukan kecepatan, kenyamanan, dan efisiensi di seluruh jaringan jalan tol Indonesia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bpjt.pu.go.id