Tips Jitu Dan Strategi Efektif Menghemat Bahan Bakar Pada Kendaraan Anda Agar Tidak Boros

Tips Jitu Dan Strategi Efektif Menghemat Bahan Bakar Pada Kendaraan Anda Agar Tidak Boros

Tips Jitu Dan Strategi Efektif Menghemat Bahan Bakar Pada Kendaraan Anda Agar Tidak Boros--

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Menghadapi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), orang akan mengadopsi kebiasaan hemat bahan bakar menjadi penting untuk menjaga keseimbangan pengeluaran.

Artikel ini menyajikan beberapa strategi praktis yang dapat membantu Anda mengurangi konsumsi bahan bakar, mulai dari memperhatikan tekanan ban, rutin melakukan tune up dan lainnya.

Borosnya penggunaan BBM kadang tidak disadari akibat beberapa ornemen mobil yang kurang diperhatikan. Ada baiknya mengetahui apa saja yang bisa berdampak pada borosnya pemakaian BBM. Perlu strategi hemat bahan bakar.

1. Pompa Ban dengan Cermat

BACA JUGA:Sebelum Membeli Mobil Listrik, Perhatikan Dahulu 5 Hal Ini Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Menjaga tekanan ban pada tingkat yang tepat dapat mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 3%. Periksa tekanan ban secara teratur, setidaknya sebulan sekali, atau bahkan lebih baik, seminggu sekali.

Pastikan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi pabrik, bukan tekanan maksimum yang tertera pada dinding ban. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi bahan bakar, tetapi juga meminimalkan risiko keausan ban.

2. Tune Up Mesin secara Teratur

Melakukan tune-up mesin secara teratur dapat memaksimalkan tenaga dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

BACA JUGA:Apa Bedanya Mengisi Angin Ban Menggunakan Angin Biasa dengan Nitrogen? Simak Perbedaannya Berikut Ini!

Pastikan mekanik yang menangani tune-up memperhatikan aspek penghematan bahan bakar, bukan hanya fokus pada peningkatan tenaga. Keseimbangan antara performa mesin dan efisiensi bahan bakar harus dijaga.

3. Perhatikan Kondisi Filter Udara

Filter udara yang kotor dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar dan menyebabkan mesin mati saat idle. Rutin memeriksa dan membersihkan atau mengganti filter udara dapat membantu menghindari pemborosan bahan bakar.

Terutama bagi mereka yang sering berkendara di daerah berdebu, menjaga kebersihan filter udara sangat penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber