Operasi PAS AMAN, Tim Bapanas Jaga Keamanan dan Mutu Pangan di Pasar Pangkalan Balai Banyuasin

Operasi PAS AMAN, Tim Bapanas Jaga Keamanan dan Mutu Pangan di Pasar Pangkalan Balai Banyuasin

Operasi PAS AMAN, Tim Bapanas Jaga Keamanan dan Mutu Pangan di Pasar Pangkalan Balai--Foto/ Bapanas banyuasin

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Tim Direktorat Pengawasan dan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), bekerja sama dengan Badan Ketahanan Pangan dan Peternakan (BKPP) Provinsi Sumatera Selatan dan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Banyuasin, melaksanakan kegiatan supervisi untuk program monitoring dan evaluasi Pasar Pangan Segar Aman (PAS AMAN) di Pasar Pangkalan Balai pada hari Selasa (28/11/2023).

Proses pemeriksaan mencakup berbagai aspek, mulai dari dokumen dan administrasi hingga Standar Operasional Prosedur (SOP) penerapan Sistem Internal Control di Pasar Aman

Tujuan dari langkah ini adalah agar pengawasan di pasar rakyat dapat dilaksanakan secara mandiri dan berkelanjutan oleh pengelola pasar rakyat, khususnya di Pasar Pangkalan Balai.

BACA JUGA:Malam Tahun Baru yang Unik: Alternatif Anti-Macet-Macetan

Analisis Ketahanan Pangan Badan Pertahanan Nasional, Sarastuti, menyatakan bahwa melalui kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ini, diharapkan dapat memberikan jaminan kepastian keamanan pangan terutama untuk produk segar curah yang diperjualbelikan kepada masyarakat.

"Sesuai dengan tujuannya, kegiatan ini bertujuan meningkatkan upaya pengawasan keamanan pangan di pasar rakyat yang dilakukan secara mandiri oleh pengelola pasar. 

Harapannya, hal ini dapat memberikan kepastian keamanan pangan bagi produk segar curah yang beredar di masyarakat," ungkapnya dalam wawancara pasca-peninjauan.

Sarastuti menambahkan bahwa kegiatan supervisi dan pengawasan keamanan pangan di pasar rakyat merupakan langkah penting untuk memastikan keamanan pangan segar yang dikonsumsi oleh masyarakat.

BACA JUGA:Mewujudkan Masa Depan Hijau: Langkah Pemerintah Terhadap Motor Listrik Konversi di Indonesia

"PAS AMAN diharapkan dapat mengoptimalkan penjaminan keamanan dan mutu pangan segar di pasar rakyat, khususnya di Pasar Pangkalan Balai," katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banyuasin, Masita Liana, SP, melalui Kabid Keamanan Pangan Andi Wijaya, SH M.Si, menyatakan komitmen untuk berkoordinasi, berkolaborasi, dan bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk dinas lainnya, guna memaksimalkan program yang ada dalam mengintervensi Pasar PAS AMAN. 

Dia berharap agar program semacam ini dapat berlanjut di masa yang akan datang karena memberikan dampak positif yang signifikan.

"Terima kasih kepada Bapanas, kami berharap program baru ini dapat berlanjut ke depan, dan kami siap mendukung program ini karena dinilai sangat positif," ungkapnya.

BACA JUGA:Masyarakat Diminta Waspada, Bukan Panik, Terkait Penyebaran Pneumonia di Tiongkok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: