Benarkah Jeruk Memicu Asam Lambung?. Ini 7 Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung

Benarkah Jeruk Memicu Asam Lambung?.  Ini 7 Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung

Benarkah Jeruk Memicu Asam Lambung?. Ini 7 Makanan Yang Menyebabkan Asam Pada Lambung--instagram.com/@d.jerukplg

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,-  Kebanyakan orang yang menderita penyakit maag takut konsumsi jeruk. Karena dinilai akan menambah asam  lambung. Hal ini dapat dimaklumi, karena jeruk meskipun manis masih ada rasa segar cenderung asam yang kadang secara tak langsung dapat membuat maag kambuh.

Bahkan untuk jeruk yang manis sekalipun, akan jadi pertimbangan orang yang suah menderita maag atau gerd atau asam lambung. Benarkan makan jeruk bisa memicu asam lambung?.

Mengutip The Surgical Clinics, efek makan jeruk memang akan memicu asam lambung atau refluks asam. Terlebih jika jeruknya terlalu asam. Misalnya jeruk lemon, jeruk nipis dan jeruk limau. Kandungan asam sitrat tinggi sebagai zat yang paling ditakuti lambung.

Konsumsi berlebihan buah jeruk dan minuman jus jeruk dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama jika disertai pola makan yang tidak teratur.

BACA JUGA:Jeruk sebagai Pilihan Nutrisi Terbaik untuk Lansia, Ini 5 Alasan yang Perlu Diketahui

Para ahli menyarankan agar kita memperhatikan jumlah jeruk yang kita konsumsi setiap hari, karena asam sitrat yang tinggi dalam buah ini dapat menyebabkan masalah lambung dan pencernaan.

Menurut sumber dari Live Strong, asam sitrat merupakan senyawa alami yang paling banyak terdapat dalam jeruk dan buah-buahan sejenisnya. 

Asam sitrat sendiri merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah jenis genus Citrus atau jeruk jerukan.

 Namun, asam sitrat tidak hanya terbatas pada buah jeruk; buah beri juga mengandung jumlah sedang asam sitrat.

BACA JUGA:Yuk! Kenali 4 Manfaat Kesehatan Makan Buah Jeruk dan Konsumsilah Saat Musim Hujan, Rasakan Manfaatnya

Bahkan, asam sitrat sering ditambahkan ke beberapa produk makanan sebagai pemanis dan pengawet, termasuk dalam minuman ringan, jus kemasan, dan permen.

Penting untuk diingat bahwa asam sitrat, meskipun secara alami terjadi dalam beberapa makanan, dapat menyebabkan iritasi lambung jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan dalam pola makan sehari-hari dan tidak mengonsumsi jeruk atau produk berbasis asam sitrat secara berlebihan.

Bagi mereka yang memiliki kebiasaan makan yang tidak teratur, seperti melewatkan sarapan atau makan pedas sebelum tidur, risiko terjadinya masalah pencernaan dapat meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber