Ini Kata Ahli Soal Kesalahan Makan Yang Sebabkan Refluks Asam Lambung

Ini Kata Ahli Soal Kesalahan Makan Yang Sebabkan Refluks  Asam Lambung

Ini Kata Ahli Soal Kesalahan Makan Yang Sebabkan Refluks Asam Lambung--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Masalah lambung atau pencernaan bisa menyerang siapa saja. Terutama bagi orang orang yang tidak menjaga pola makan. Baik dari jenis makanan maupun waktu makan, termasuk pola olahraga yang terkait dengan kebiasaan sehari-hari.

"Saya menyarankan untuk tidak melakukan olahraga berat segera setelah makan," kata Dr Udesh Thanugra dari Sri Lanka, konsultan dokter umum di Rumah Sakit Yashoda, Hyderabad.

Asam lambung adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar lambung dan berperan dalam proses pencernaan makanan.

Asam lambung memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan berfungsi untuk membantu pemecahan zat makanan, terutama protein, serta memberikan lingkungan yang optimal bagi enzim pencernaan.

BACA JUGA:Scorpio British Build oleh Instagram @belajarcustom, Motor Lebih Keren dengan Modifikasi Berteknologi

Fungsi utama asam lambung adalah membantu dalam proses pencernaan dan memberikan perlindungan terhadap infeksi bakteri yang masuk bersama makanan.

Setelah makan, penting untuk menerapkan kebiasaan yang melancarkan pencernaan. Bukti ilmiah menyoroti praktik-praktik tertentu yang harus dihindari setelah makan demi kesehatan yang optimal, kata Dr Sri Ran Uddesh Tanugula, Konsultan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Rumah Sakit Yashoda, Hyderabad.

Melakukan kesalahan-kesalahan ini setelah makan dapat menyebabkan rasa sakit, masalah usus dan masalah kesehatan lainnya, kata ahli gizi, Apurva Agarwal.

Sebaiknya hindari olahraga berat segera setelah makan. Olahraga dengan intensitas tinggi dapat mengalihkan aliran darah dari sistem pencernaan, menyebabkan gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan, kata Dr Tanugra.

BACA JUGA:Lontong Sayur Dengan Sentuhan Udang dan Santan Rendah Lemak, Ini Cara Buatnya!

Selain itu, berbaring atau tidur segera setelah makan juga harus dihindari. Berbaring dapat menyebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan, yang menyebabkan refluks asam yang dapat menyebabkan mulas.

Untuk mencegah hal ini, disarankan untuk menunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan sebelum berbaring. Hal ini akan memberikan waktu yang cukup bagi proses pencernaan untuk berjalan, kata Dr Tanugra.

Makan berat di larut malam atau ngemil dapat menyebabkan gangguan tidur, masalah pencernaan, dan kenaikan berat badan. Makanan ringan beberapa jam sebelum tidur lebih baik, kata Dr Tanugra.

Selain itu, mengonsumsi air dalam jumlah besar, terutama yang dingin, segera setelah makan dapat mengencerkan asam lambung dan mengganggu enzim pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber