Ini Kata Mekanik, Panduan Penggantian Oli Motor Matik, Berapa Kilometer atau Kondisi Motor yang Menentukan?

Ini Kata Mekanik, Panduan Penggantian Oli Motor Matik, Berapa Kilometer atau Kondisi Motor yang Menentukan?

Ini Kata Mekanik , Panduan Penggantian Oli Motor Matik, Berapa Kilometer atau Kondisi Motor yang Menentukan?--(Sumber foto: instagram @federaloil_id)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Pelajari panduan penggantian oli motor matik berdasarkan jarak tempuh atau kondisi motor untuk merawat kendaraan dengan optimal. 

Menurut mekanik berpengalaman, disarankan untuk melakukan penggantian oli setiap 2.000 km–3.000 km atau setiap 2 bulan sesuai dengan panduan pabrikan. Tetapi, perlu diperhatikan juga faktor kondisi motor untuk memastikan kesehatan kendaraan.

Kepala mekanik Bengkel Surya Kencana Motor, Maman Setiawan, menyoroti bahwa selain jarak tempuh, tarikan motor yang terasa berat akibat penggunaan di jalanan padat atau dengan kecepatan tinggi dapat menjadi indikator untuk segera mengganti oli. 

BACA JUGA:Buruh Akan Gelar Demonstrasi di 5 Titik di Kota Palembang, Ini Tuntutannya!

Penggunaan motor dalam kondisi keras dapat meningkatkan suhu oli dan mempengaruhi viskositasnya, sehingga responsif terhadap kondisi motor menjadi penting.

Maman menekankan pentingnya menjaga performa motor dengan melakukan penggantian oli lebih awal sesuai kebutuhan. 

Selain memperhatikan jarak tempuh, cara penggunaan motor setiap hari juga perlu diperhatikan. Menurutnya, melakukan penggantian oli lebih awal dapat menjaga performa motor tetap prima.

Khusus untuk oli gardan, Maman Setiawan menyarankan perbandingan 2:1 antara penggantian oli mesin dan oli gardan

BACA JUGA:Ternyata Beda Lho! Cara Mengerem Mobil Bersistem Abs Dan Tanpa Sistem Abs, Yuk Simak

Disarankan untuk melakukan dua kali penggantian oli mesin bersamaan dengan satu kali penggantian oli gardan. Langkah ini diambil untuk menjaga keseimbangan dan keandalan sistem pelumasan motor matik.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memastikan bahwa penggantian oli dilakukan tepat waktu sesuai kebutuhan motor matik Anda.

Hal ini tidak hanya menjaga performa optimal, tetapi juga dapat memperpanjang umur mesin kendaraan Anda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: