Polda Sumsel Gelar Rapat Koordinasi Awal Persiapan Operasi Ketupat Musi 2023

Polda Sumsel Gelar Rapat Koordinasi Awal Persiapan Operasi Ketupat Musi 2023

Rapat koordinasi permulaan persiapan Operasi Ketupat Musi 2023 tersebut dihadiri Karops Polda Sumsel Kombes Pol Kamaruddin serta pihak terkait, Selasa, 4 April 2023.--Dokumentasi Humas Polda Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Di ruang Lounge lantai 7 Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel di Palembang pada hari Selasa, 4 April 2023, Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) menyelenggarakan rapat koordinasi awal lintas sektoral dalam rangka kesiapan Operasi Ketupat Musi 2023 yang dipimpin oleh Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol Kamaruddin.

Rapat koordinasi permulaan persiapan Operasi Ketupat Musi 2023 tersebut dihadiri oleh Wadir Intelkam Polda Sumsel AKBP Dwi Mulyanto, PJU dan Forkopimda terkait seperti Danrem 044/Gapo, Kabinsa Sumsel, Densus 88 AT, Kadinkes Provinsi Sumsel, dan Kabid Perdagangan Provinsi Sumsel.

Kasubbid Penmas AKBP Yenni Diarty menjelaskan, rapat koordinasi tersebut sebagai langkah permulaan persiapan Operasi Ketupat Musi 2023. Pada rapat dibahas pula paparan masing-masing fungsi dan para penangung jawabnya.

Yenni  mengatakan, semua pihak terkait dan masyarakat agar dapat mengantisipasi cuaca buruk dan bencana alam, serta lonjakan pergerakan orang pada saat mudik lebaran dan arus balik, serta tempat rekreasi.

BACA JUGA:Kekerasan Santri Kembali Terjadi di Ponpes, Sempat Lakukan Restorative Justice Namun Gagal

BACA JUGA:Mencengangkan! Mesin Motor Besar Legendaris Seharga Miliaran Ini Turut Diamankan

Diprediksi arus puncak mudik akan terjadi mulai H-4 sampai dengan H-1. Sedangkan arus balik mulai H+3 sampai dengan H+6. Untuk itu, rapat meminta para stakeholder dapat saling berkoordinasi dalam menyiapkan sarana dan prasarana pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan yang baik, terutama di jalur tol, jalur alternatif dan arteri.

Yenni kemudian juga menyampaikan bahwa rapat koordinasi meminta semua yang terlibat dalam Operasi Ketupat Musi 2023 agar menyiapkan pelayanan, termasuk pula mengantisipasi kemungkinan kendaraan mogok dan kehabisan bahan bakar minyak (BBM) di jalur-jalur crowded atau rawan kemacetan.

Pihaknya juga akan melaksanakan inspeksi jalur menuju alternatif, agar tidak ada kendala pada waktu pelaksanaan Operasi Ketupat Musi  2023. Menurut Yenni, rapat koordinasi juga mengingatkan kemungkinan lonjakan kendaraan dan langkah mengantisipasinya, karena mudik tahun 2023 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pihak Polda Sumsel sendiri akan memperkuat para personel yang bertugas pada jalur tol dan jalur arteri.

Yenni juga menyampaikan bahwa dalam kesempatan rapat permulaan tersebut, pimpinan rapat Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol Kamaruddin meminta supaya langkah-langkah rekayasa lalu lintas dan cara bertindak agar menjadi satu persepsi yang sama antara 'stakeholder' terkait, tentunya demi kelancaran Operasi Ketupat Musi 2023 yang juga merupakan operasi kemanusiaan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas polda sumsel