Kondisi Pangan Stabil, Inflasi Sumsel di Bawah Nasional

Kondisi Pangan Stabil, Inflasi Sumsel di Bawah Nasional

Kondisi harga, ketersediaan pangan hingga laju inflasi di Sumatera Selatan masih terkendali.-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Selama bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan, Ruzuan Effendi, yang ditemui pada Selasa 4 April 2023 memastikan, kondisi harga, ketersediaan Pangan, hingga laju inflasi di Sumatera Selatan masih terkendali.

Hal tersebut dibuktikan dengan laju inflasi di Sumsel pada periode Maret 2023, yang masih stabil di angka 0,20 persen, atau di bawah angka inflasi nasional.

Selain itu, dengan beragam bantuan yang dilakukan pemerintah pusat, di antaranya seperti Bantuan Pangan Beras hingga Bantuan Sosial Sembako, dapat semakin menekan angka inflasi dan juga membantu pengendalian harga serta ketersediaan pangan di Provinsi Sumatera Selatan.

Kalau pun ada kenaikan, lanjut Ruzuan, hal tersebut tidak terlalu signifikan dan hanya terpengaruh momen besar seperti Idul Fitri. Sementara untuk harga beras di pasaran, hingga saat ini masih sesuai dengan HET atau harga eceran tertinggi yang ditetapkan, yakni di angka Rp9.450 hingga Rp13.600 per kilogram.

BACA JUGA:Sesuai Instruksi Presiden, 5.600 Ton Bantuan Beras Digelontorkan Bulog Sumsel Babel

BACA JUGA:Ini Keuntungan dan Keasikan Belanja di Bazar Ramadan Digital

“Dari perkembangannya inflasi kita sudah stabil, tapi karena kita sedang menghadapi hari besar agama, bulan puasa dan sebentar lagi mau lebaran. Banyak mungkin pengeluaran, banyak hal-hal yang berhubungan dengan laju inflasi itu sendiri. Kalau beras tidak terlalu banyak dan sejauh ini masih stabil,” terang Ruzuan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv