Pj Bupati Muara Enim Ajak Lestarikan Olahraga Tradisional Warisan Leluhur

Pj Bupati Muara Enim Ajak Lestarikan Olahraga Tradisional Warisan Leluhur

Suasana lomba olahraga tradisional dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kabupaten Muara Enim Ke-77, Rabu (22/11/2023).-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Suasana ceria mewarnai kegiatan lomba olahraga tradisional yang digelar untuk meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kabupaten Muara Enim, yang dibuka langsung oleh Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali di Lapangan Merdeka Muara Enim pada hari Rabu, 22 November 2023.

Dalam kegiatan lomba yang diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga Pelajar di Kabupaten Muara Enim ini, bertujuan melestarikan olahraga tradisional warisan leluhur sekaligus memeriahkan HUT Ke-77 Kabupaten Muara Enim tahun 2023.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali bersama Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Rose Mafiana, mangapresiasi peserta dan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Kabupaten Muara Enim yang diketuai Amrullah Jamaluddin SE.

Kegiatan Kormi ini patut diapresiasi karena mereka mampu menghimpun masyarakat, mulai dari pegawai pemerintah dan pelajar untuk ikut serta dalam olahraga tradisional ini.

BACA JUGA:Hutan Mangrove Sungsang, Percontohan Pengelolaan Lestari untuk Kurangi Emisi Karbon di Indonesia

Perlombaan seperti ini merupakan salah satu cara yang tepat untuk melestarikan permainan tradisional yang diturunkan oleh leluhur kita.

Keterlibatan generasi muda dalam olahraga ini bisa membuat anak-anak kembali tertarik dengan permainan yang sempat ditinggalkan oleh anak-anak zaman sekarang.

"Kegiatan ini sangat bagus guna mempertahankan warisan leluhur kepada generasi penerus, sebab banyak dari anak-anak sudah tidak tahu dengan permainan ini" ujar Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali.

Di era serba maju seperti sekarang ini kebanyakan anak-anak lebih asik bermain gawai. Dengan bermain olahraga tradisional akan membantu gerak tubuh anak dan bersosialisasi antar sesama anak.

BACA JUGA:BRIN Menggairahkan UMKM dengan Inovasi Teknologi Termal: Peningkatan Kualitas Produk dan Daya Saing Global

"Orang tua juga berperan dalam pola main anak, tak seharusnya anak-anak di usia dini hanya bermain di dalam ruangan saja," bebernya.

Selain melestarikan warisan leluhur, olahraga tradisional juga banyak memberikan kontribusi positif bagi daerah Muara Enim.

Salah satunya bisa menjadi olahraga rekreasi jika permainan tradisional dikelola secara benar. Selain itu, olahraga tradisional ini juga mengandung filosofi didalam lingkungan. Permainan tradisional mengajarkan anak-anak untuk bersosialisasi, gotong royong dan saling menghargai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv