Mana yang Anda Butuhkan, Mandi Air Panas atau Air Dingin? Begini Pandangan Para Ahli

Mana yang Anda Butuhkan, Mandi Air Panas atau Air Dingin? Begini Pandangan Para Ahli

Para ahli menjelaskan sebaiknya mandi air panas atau air dingin.--freepik.com/@user18526052

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Meskipun ada banyak perdebatan tentang efek mandi air panas pada tubuh, mandi air dingin juga dikatakan sangat efektif. Jadi, mana yang lebih baik?

Perbedaan mendasar antara mandi air panas dan air dingin

Mandi air panas dikenal memiliki efek relaksasi, terutama karena panasnya mendorong vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah), yang pada gilirannya meningkatkan sirkulasi darah.

"Proses ini mengurangi ketegangan dan kekakuan otot. Uap dari mandi air panas juga membantu membersihkan hidung tersumbat di saluran pernapasan dan meringankan gejala-gejala flu dan alergi," kata Dr Vandana Punjabi, Konsultan Senior di bidang Dermatologi, Rumah Sakit Khusus Nanavati Max, Mumbai.

BACA JUGA:Dampak Ponsel pada Kesehatan Reproduksi: Apakah Ada Kaitan dengan Kualitas Air Mani?

Sebaliknya, mandi air dingin dikenal cepat dan menyegarkan. Guncangan awal dari air dingin mengaktifkan sistem saraf simpatik tubuh, meningkatkan gairah dan berpotensi memberikan ledakan energi.

“Air dingin mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan otot setelah berolahraga,” kata Dr Punjabi.

Cocok untuk siapa?

Mandi air panas sangat ideal bagi penderita nyeri otot kronis dan mereka yang ingin bersantai sebelum tidur.

BACA JUGA:Diet Mediterania dan Kolesterol, Mitos atau Kenyataan?


Shower dapat diatur keluar air panas atau air dingin.--freepik.com/@freepik

Sebaliknya, mandi air dingin cocok untuk para atlet dan orang-orang yang mengalami nyeri otot setelah berolahraga secara intens.

"Mandi air panas dapat mengeringkan kulit dan memperburuk kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan dermatitis. Mandi air hangat direkomendasikan untuk orang-orang dengan kondisi kulit seperti ini. Selain itu, oleskan pelembab segera setelah mandi untuk mengunci kelembapan di kulit," jelas Dr Punjabi.

Di sisi lain, mandi air dingin baik untuk orang-orang dengan tekanan darah tinggi, diabetes dan sirkulasi yang buruk, kata Dr Santosh Pandey, seorang ahli akupunktur dan naturopati di Rijua Energy Centre di Mumbai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indianexpress.com