Nasa Temukan 7 Planet Baru Yang Panasnya Melebihi Matahari, Jaraknya Sekitar 5.000 Tahun Cahaya Bari Bumi

Nasa Temukan 7 Planet Baru Yang Panasnya Melebihi Matahari, Jaraknya Sekitar 5.000 Tahun Cahaya  Bari Bumi

Nasa Temukan 7 Planet Baru Yang Panasnya Melebihi Matahari, Jaraknya Sekitar 5.000 Tahun Cahaya Bari Bumi--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Tujuh planet baru yang terletak dalam galaksi Bima Sakti telah berhasil diidentifikasi oleh NASA. Diperkirakan jarak planet tersebut 5.000 tahun cahaya dari bumi. Ini merupakan sebuah  sebuah penemuan mengejutkan telah dirilis oleh para astronom

Sementara itu yang  membuatnya istimewa adalah kondisi luar biasa yang mereka alami. Ke-tujuh planet ini, yang ditemukan menggunakan data dari teleskop luar angkasa Kepler milik NASA, terpanggang oleh bintang induknya akibat energi panas yang sangat tinggi.

Dalam kenyataannya, keadaan planet-planet ini sangat berbeda dari yang biasa kita temui di Tata Surya kita. Ketujuh planet ini lebih besar dari Bumi, yang merupakan planet terbesar di antara empat planet berbatu di Tata Surya kita.

Meskipun begitu, ukuran mereka masih lebih kecil dibandingkan dengan Neptunus, yang merupakan planet terkecil dari empat planet gas di Tata Surya kita.

BACA JUGA:Ingat! 5 Makanan Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi di Malam Hari

Karakteristik utama yang membedakan tujuh planet ini adalah jarak orbit mereka yang sangat dekat dengan bintang induknya, yang dikenal sebagai Kepler-385.

Orbit planet-planet ini jauh lebih dekat daripada jarak rata-rata antara Merkurius dan Matahari di Tata Surya kita. Astronom Jack Lissauer dari Pusat Penelitian Ames NASA di California menggambarkan kondisi planet-planet ini dengan istilah "digoreng," mengingat tingkat panas yang mereka alami.

Sebagian besar planet di dalam kumpulan ini memiliki ukuran sekitar 2,4 kali lipat dari Bumi.

Namun, karakteristik utama yang membedakan mereka adalah atmosfer yang tebal dan suhu permukaan yang sangat tinggi, yang mungkin terletak jauh di bawah lapisan awan mereka.

BACA JUGA:4 Rumah di 7 Ulu Diamuk Si Jago Merah, 1 Orang Pemilik Rumah Ditemukan Meninggal Dunia

Dalam perbandingan, planet terjauh dari bintang Kepler-385 berjarak sekitar 40% dari jarak antara Bumi dan Matahari, yang sebenarnya lebih dekat dibandingkan dengan Merkurius dari Matahari.

Meskipun penemuan ini sangat menarik dari segi ilmiah, peluang untuk keberadaan kehidupan di salah satu dari tujuh planet ini sangatlah kecil.

Adanya kemungkinan terdapat planet tambahan yang lebih jauh dari bintang tersebut yang belum teridentifikasi juga tidak dapat diabaikan, terutama jika ada planet berukuran serupa dengan Bumi yang berada pada jarak yang serupa dengan jarak Bumi dari Matahari.

Sebagai catatan, hingga saat ini, para ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi lebih dari 5.500 exoplanet, yaitu planet di luar Tata Surya kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.reuters.com