Pentingnya Cuci Tangan Setelah Pegang 9 Benda Ini, Jangan Abai atau Akan Menyesal!

Pentingnya Cuci Tangan Setelah Pegang 9 Benda Ini, Jangan Abai atau Akan Menyesal!

Pentingnya cuci tangan setelah pegang 9 benda ini.--freepik.com/@freepik

BACA JUGA:Simak, 5 Manfaat Serum Bakuchiol untuk Kecantikan Wajah?

7. Setelah Menggunakan Talenan dan Spons Cuci Piring

Dapur adalah salah satu area di rumah yang penuh dengan kuman. Kuman dapat menyebar melalui bahan makanan mentah dan peralatan dapur, termasuk talenan dan spons cuci piring.

Talenan sering digunakan untuk mengolah daging mentah, sementara spons dapur bisa mengandung hingga 326 spesies bakteri berbeda. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengganti spons secara berkala.

8. Setelah Menggunakan Pulpen Pinjaman

BACA JUGA:Waspadai Tanda Diabetes pada Anak! Umur 9 Tahun, Anak Tike Priatnakusumah Divonis Diabetes Militus

Meskipun kita telah memiliki banyak fasilitas pencatatan di ponsel, penggunaan pena masih tetap umum. Jika Anda menggunakan pena pinjaman, sebaiknya mencuci tangan setelahnya.

Menurut studi, kuman pada pulpen pinjaman dapat mencapai 10 kali lipat lebih banyak daripada yang ditemukan pada dudukan toilet.

9. Setelah Menggunakan Wadah Sabun

Wadah sabun, termasuk botol dengan pompa, dapat menjadi tempat berkembangnya kuman. Penelitian dari Universitas Arizona menemukan bahwa dispenser sabun isi ulang sering mengandung banyak kuman. Oleh karena itu, selalu mencuci tangan setelah menggunakan wadah sabun sangat penting.

BACA JUGA:Geger! Wanita Ini Tidak Bisa Tidur Karena Laba-laba Membuat Sarang di Telinganya

Dalam rangka menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran kuman, mencuci tangan secara teratur adalah tindakan yang sangat penting.

Meskipun pandemi COVID-19 sudah mulai mereda, kebiasaan mencuci tangan sebaiknya tetap dijaga, agar kita dapat terus melindungi diri dan orang-orang di sekitar kita dari potensi penyakit dan infeksi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: healthline.com