Fenomena Langka! Komet Iblis Raksasa Akan Melintasi Bumi, Catat Tanggal dan Waktunya di Sini

Fenomena Langka! Komet Iblis Raksasa Akan Melintasi Bumi, Catat Tanggal dan Waktunya di Sini

Ilustrasi 'Komet Iblis' yang akan melintasi Bumi.--freepik.com/@brgfx

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sebuah fenomena langka dan menarik akan segera menghiasi langit, ketika sebuah ‘komet iblis’ raksasa yang dikenal sebagai 12P/Pons-Brooks akan melewati Bumi.

Ini adalah peristiwa yang pertama kalinya terjadi dalam lebih dari tujuh dekade. Para astronom sangat bersemangat untuk mengamati peristiwa fenomena langka ‘komet iblis’ ini.

Komet 12P/Pons-Brooks mendapatkan julukan ‘komet iblis’ karena memiliki dua "tanduk" yang terdiri dari es dan gas, menciptakan penampilan yang sangat unik.

Dalam tradisi komet, ketika komet mendekati matahari, suhu meningkat dan menyebabkan perubahan dalam komposisi komet.

BACA JUGA:Ketika Sedang Sakit, Ikhlaslah Menerima Ketentuan Allah SWT

Es berubah menjadi gas dan debu, menciptakan ekor yang khas yang sering kita identifikasi dengan komet.

Namun, 12P/Pons-Brooks telah menjadi sangat terang dalam beberapa waktu terakhir, mengalami dua letusan besar yang mengubah penampakannya secara signifikan. Letusan pertama terjadi pada bulan Juli 2023, diikuti oleh letusan kedua awal bulan ini.

Dr. Theodore Kareta, seorang peneliti pascadoktoral di Observatorium Lowell di Flagstaff, Arizona, menjelaskan bahwa ledakan ini telah mengubah 12P/Pons-Brooks dari objek yang hanya dapat dilihat dengan teleskop profesional besar menjadi sesuatu yang dapat dilihat oleh orang biasa dari halaman belakang rumah mereka.

Perubahan ini sangat luar biasa, mengingat sedikit komet yang mengalami ledakan semacam ini, apalagi dalam satu orbit yang sama.

BACA JUGA:Hati-hati dengan Ujub! Salah Satu Penyakit Hati yang Tak Disukai Allah SWT

Komet ini memiliki bentuk koma yang tidak biasa, dengan dua "tanduk setan" yang menjulang, memberikan komet tersebut julukan yang unik dan menarik.

Eliot Herman, seorang astronom amatir yang telah mengambil gambar komet ini, berharap untuk melihat apakah 12P/Pons-Brooks akan mengalami lebih banyak letusan di masa depan dan apakah "tanduk setan" akan tetap terlihat.

Sampai saat ini, komet tersebut tidak terlihat oleh mata telanjang, tetapi itu bisa berubah seiring berjalannya waktu.

Peristiwa menarik akan terjadi pada tahun depan, ketika terjadi gerhana matahari total pada 8 April 2024 yang melintasi Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber