Hati-hati dengan Ujub! Salah Satu Penyakit Hati yang Tak Disukai Allah SWT

Hati-hati dengan Ujub! Salah Satu Penyakit Hati yang Tak Disukai Allah SWT

Hati-hati dengan Ujub! Salah satu penyakit hati yang tak disukai Allah SWT.--freepik.com/@jcomp

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ujub adalah salah satu penyakit hati yang sering kali dimiliki oleh banyak orang, namun tidak disadarinya.

Arti dari istilah ujub adalah membanggakan diri sendiri secara berlebihan, hingga memberikan suatu penghargaan yang sangat berlebihan kepada kemampuan diri. Sering kali tidak disadari, sifat ujub ini kerap kita tunjukkan kepada orang terdekat kita. 

Ujub merupakan salah satu penyakit hati yang berarti membanggakan diri secara berlebihan. Asal usul kata, 'Ujub' berasal dari kata “ajaba" yang artinya kagum, terheran-heran, takjub.

Ujub adalah sifat yang membuat kita suka membanggakan diri secara berlebihan dan melupakan bahwa semua kelebihan yang kita miliki adalah karunia Allah SWT.

BACA JUGA:Kisah Perang Badar, Ketika Ribuan Malaikat Turun Membantu Kaum Muslimin

Imam Al-Ghazali, dalam bukunya "Minhajul Abidin" mengartikan ujub sebagai tindakan mengagungkan diri sendiri atau menganggap diri dan perbuatan yang telah dilakukan sebagai sesuatu yang agung (besar).

Contohnya perbuatan yang menjurus seperti ini dapat ditemukan dalam pernyataan: "Akulah orang paling saleh. Tidak ada orang yang melebihi kesalehanku." 

Berkaitan dengan sifat ujub tersebut, Syeikh Bisyru bin Al-Harits Al-Hafi mengungkapkan bahwa ujub adalah ketika seseorang mengagung-agungkan amalannya sendiri, sementara amal orang lain dianggap sebelah mata.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh at-Thabrani, disebutkan bahwa ujub termasuk di antara tiga perbuatan yang dapat merusak seseorang.

BACA JUGA:Mengapa Rezeki Tiap Orang Berbeda? Ini Alasannya Menurut Pandangan Islam


Sering kali tidak disadari, sifat ujub ini kerap kita tunjukkan kepada orang terdekat kita.--freepik.com/@freepik

Yang artinya: "Tiga perkara yang membinasakan (merusak), rasa pelit yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan ujubnya seseorang terhadap diri sendiri." (HR. at-Thabrani) 

Dalam sebuah ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Khalid Basalamah di kanal YouTube Lentera Islam, dibahas tentang sifat ujub yang dapat menjerumuskan seorang Muslim dalam bahaya dosa besar.

Sifat ujub, kata Ustadz Khalid Basalamah, merupakan tangga yang bisa mengantarkan seorang Muslim kepada sikap sombong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber