Beberapa Tanda-tanda HP Anda Sedang Disadap Orang, Waspadai Sebelum Terlambat!

Beberapa Tanda-tanda HP Anda Sedang Disadap Orang, Waspadai Sebelum Terlambat!

Beberapa Tanda-tanda HP Anda Sedang Disadap Orang, Waspadai Sebelum Terlambat! --free pik.com

BACA JUGA:Sambil Senyum, Ketua DPRD Palembang Sebut Kantor DPRD Dikepung Asap

2. Suara latar belakang yang aneh: Suara-suara aneh yang muncul selama panggilan telepon juga bisa menjadi tanda penyadapan. Kita mungkin mendengar gema, statis, atau bahkan bunyi klik saat berbicara melalui HP.

Jika masalah ini terus berlanjut, kita dapat mencoba untuk mengganti lokasi atau melakukan panggilan ke pihak lain untuk memastikan bahwa masalah ini tidak terjadi pada sisi kita.

Ada beberapa aplikasi yang dapat mendeteksi suara frekuensi rendah yang dipancarkan oleh perangkat yang disadap. Kita juga bisa menginstal detektor suara frekuensi rendah pada perangkat lain.

Seperti Pengukur Suara dan Detektor Kebisingan untuk Android atau Desibel X untuk iOS, untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut mendeteksi suara yang mencurigakan dalam interval waktu tertentu. Jika hasilnya positif, maka besar kemungkinan HP kita sedang diawasi.

BACA JUGA:Palembang Dikepung Asap, Alat Pemantau Ispu Malah Tak Berfungsi

3. Peningkatan penggunaan data: Meskipun sebagian dari kita mungkin tidak selalu memantau konsumsi data pada HP kita, namun, ini juga bisa membantu kita dalam mendeteksi keberadaan spyware yang telah terpasang pada perangkat kita.

Dalam konteks penyadapan, konsumsi data akan meroket, yang dapat menjadi indikasi kuat adanya aktivitas yang mencurigakan. Meskipun mungkin sulit untuk memonitor konsumsi data saat kita terhubung ke jaringan Wi-Fi, kita selalu dapat mengawasi penggunaan data seluler.

Aplikasi spyware jahat biasanya akan mengumpulkan data dari HP kita dan meneruskannya kepada pihak yang tidak berwenang.

Proses ini memerlukan penggunaan data yang signifikan, sehingga dengan memantau penggunaan data kita dapat mendeteksi apakah ada penyadapan yang sedang terjadi.

BACA JUGA:Pomi Wijaya anggota Komisi 4 DPRD kota Palembang Meninggal

4. Periksa kamera atau mikrofon: Jika kita melihat bahwa kamera, GPS, atau mikrofon pada HP kita aktif secara acak tanpa kita membuka aplikasi yang menggunakan fitur-fitur tersebut, maka ini bisa menjadi indikasi penyadapan.

Hal ini berarti ada kemungkinan seseorang tengah mendengarkan percakapan kita atau bahkan memata-matai kita.

Untungnya, banyak perangkat smartphone modern memiliki fitur yang memungkinkan kita untuk memeriksa apakah sensor-sensor ini sedang aktif. Dengan demikian, kita dapat lebih mudah mendeteksi apakah ada tindakan penyadapan yang sedang berlangsung.

5. HP menjadi lambat: Salah satu gejala yang patut diperhatikan adalah ketika HP kita tiba-tiba mengalami penurunan kinerja dan terasa lambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber