Kamu harus tahu ! Sebelum Membeli Motor Listrik, Kenali dulu Jenis Baterai Motor Listrik yang Aman dan Awet

Kamu harus tahu ! Sebelum Membeli Motor Listrik, Kenali dulu Jenis Baterai Motor Listrik yang Aman dan Awet

Kamu harus tahu ! Sebelum Membeli Motor Listrik, Kenali dulu Jenis Baterai Motor Listrik yang Aman dan Awet--

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Baterai motor listrik adalah salah satu komponen utama yang harus diperhatikan oleh pembeli sebelum memutuskan membeli  sepeda motor listrik.

Baterai ini berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang diperlukan untuk menggerakkan sepeda motor dengan kecepatan dan jarak yang memadai.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli motor listrik, penting untuk mengenal jenis baterai motor listrik yang aman digunakan dalam berbagai kondisi cuaca.

Secara umum, baterai motor listrik ini memiliki harga yang cenderung tinggi, bahkan bisa mencapai 40% dari total harga motor listrik itu sendiri. Hal ini disebabkan karena saat ini sebagian besar baterai sepeda motor listrik masih diimpor dari negara lain.

 BACA JUGA:SIM Swapping Semakin Meningkat! Kenali dan Lindungi SIM Anda dari Kejahatan Cyber

Ketika berbicara tentang baterai, terdapat beberapa jenis yang umum digunakan di pasaran. Setiap jenis baterai memiliki kapasitas dan harga yang berbeda.


Kamu harus tahu ! Sebelum Membeli Motor Listrik, Kenali dulu Jenis Baterai Motor Listrik yang Aman dan Awet--free pik.com

Oleh karena itu, sebelum Anda beralih ke sepeda motor listrik, penting untuk memahami jenis baterai motor listrik yang aman.

 Baterai pada sepeda motor listrik secara teknis bekerja mirip dengan bahan bakar bensin pada sepeda motor konvensional. Komponen ini berfungsi sebagai sumber utama untuk menggerakkan motor listrik.

 Oleh karena itu, setiap produsen sepeda motor listrik biasanya mengutamakan jenis atau tipe baterai tertentu dalam produk andalan mereka.

BACA JUGA:Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang Meluluskan 422 Mahasiswa

Di Indonesia, banyak produsen yang menggunakan dua jenis baterai utama, yaitu Sealed Lead Acid (SLA), lithium ion, polimer, atau ferro phospate.

Menurut Ganesha Tri Chandrasa, Peneliti Senior EV dan RE dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), penggunaan sepeda motor listrik hingga baterainya mencapai 0% atau dalam kondisi habis sangat tidak dianjurkan.

Selain itu, perawatan khusus diperlukan, seperti menjaga suhu baterai agar selalu optimal dan menghindari overheat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber