SIM Swapping Semakin Meningkat! Kenali dan Lindungi SIM Anda dari Kejahatan Cyber

SIM Swapping Semakin Meningkat! Kenali dan Lindungi SIM Anda dari Kejahatan Cyber

SIM Swapping Semakin Meningkat! Kenali dan Lindungi SIM Anda dari Kejahatan Cyber--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- hati hati penipuan terbaru berkaitan dengan kartu Subscriber Identification Module (SIM) di smartphone atau HP. Karena dengan kejahatan cyber ini nomor SIM anda akan jatuh ke tangan yang salah. 

SIM pada ponsel menyimpan banyak data pribadi maupun perbankan, yang harus dilindungi agar tidak bisa diakses oleh pihak lain.

Cara kita untuk melindungi SIM dari oknum yang tidak bertanggung jawab agar tidak dijadikan sarana kejahatan. Lewat SIM mereka bisa mengakses aplikasi perbankan, mengecek email, hingga merambah ke media sosial, melalui jaringan seluler.

Kebebasan dan kenyamanan juga bisa menjadi kerentanan, melalui SIM para penipu mampu menciptakan cara-cara baru untuk mencari target agar pengguna tidak curiga. 

BACA JUGA: Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB Segera Hentikan Perang di Gaza

Di antara serangkaian serangan baru-baru ini, SIM swapping semakin sering menargetkan pengguna.

Apa Itu SIM Swapping? Seperti namanya, SIM swapping adalah proses di mana para penipu mengakses kartu SIM, yang pada dasarnya merupakan pencurian identitas digital. 

Setelah mereka mendapatkan akses, mereka memeras uang dari teman dan keluarga pengguna. 

Mereka mengakses perbankan online, mengendalikan profil media sosial, dan lainnya.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Lantik Andi Amran Sulaiman Sebagai Menteri Pertanian

Dengan otentikasi dua faktor berbasis OTP menjadi umum untuk berbagai produk dan layanan online, termasuk perbankan internet, pelaku dengan akses ke kartu SIM dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan. 

Alasan inilah yang membuat kita harus tetap waspada dan mencari tahu bagaimana cara yang tepat untuk kita melindungi dari kejahatan para cyber ini. 

Pastikan bukti identitas pribadi tidak tersedia secara online.

Beberapa penipu mengumpulkan berbagai informasi, termasuk kartu identifikasi seperti Aadhaar, dan mengajukan permintaan untuk kartu SIM ganda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber