Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB Segera Hentikan Perang di Gaza

 Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB Segera Hentikan Perang di Gaza

Indonesia mendesak Dewan Keamanan (DK) PBB untuk segera bertindak guna menghentikan eskalasi konflik Israel-Palestina di Gaza --Foto : www.kemlu.go.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - New York, Amerika Serikat - Pada tanggal 24 Oktober 2023, Indonesia memimpin tuntutan kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk segera mengambil tindakan guna mengakhiri konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina di wilayah Gaza dan juga mengatasi krisis kemanusiaan yang berkembang.

Dalam pidatonya di High-Level Open Debate DK PBB tentang situasi di Timur Tengah di New York, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, mengecam keras serangan Israel terhadap warga sipil Gaza.

Menlu Retno Marsudi mengingatkan DK PBB akan tanggung jawab besar mereka dalam menjaga perdamaian dan keamanan dunia, dengan tujuan menghindari kelanjutan konflik dan membantu menghentikan agresi yang berkepanjangan.

Ia menyatakan bahwa DK PBB tidak boleh tinggal diam saat melihat bencana dan pelanggaran hak asasi manusia yang berlangsung di Palestina, termasuk serangan terhadap rumah sakit dan tempat ibadah, blokade terhadap sumber daya penting seperti listrik, air, dan bahan bakar, serta pengusiran warga Gaza.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Lantik Andi Amran Sulaiman Sebagai Menteri Pertanian

Ia juga menyoroti penyanderaan warga sipil dan ancaman terhadap nyawa mereka.

Menlu Retno Marsudi mempertanyakan kapan DK PBB akan melaksanakan tugasnya untuk menghentikan perang di Gaza, mewujudkan gencatan senjata, membuka akses bantuan kemanusiaan, dan menuntut pembebasan warga sipil serta menghentikan pendudukan ilegal yang dilakukan oleh Israel.

Ia menekankan bahwa setiap detik yang terbuang karena perbedaan politik dan kegagalan mencapai konsensus adalah kekalahan bagi kemanusiaan dan dapat memperparah instabilitas.

Indonesia telah bergerak cepat dalam memobilisasi dukungan internasional untuk mengambil tindakan segera dalam menangani situasi di Gaza.

BACA JUGA:Jokowi Kunker Ke Palembang Akan Melakukan Sejumlah Kegiatan

Melalui Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), serta pertemuan dengan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dan Dewan Delapan (D8), Indonesia telah menggalang dukungan untuk mengakhiri kekerasan dan fokus pada upaya penanganan bencana kemanusiaan.


Menlu RI dalam High-Level Open Debate DK PBB mengenai situasi di Timur Tengah yang diselenggarakan di New York, 24 Oktober 2023.--Foto : kemlu.go.id

Indonesia mendorong untuk tiga tindakan segera:

Genjatan Senjata Segera: Menlu Retno Marsudi menyoroti urgensi gencatan senjata di Gaza, mengutuk penggunaan kekerasan yang tidak proporsional dan pelanggaran hukum humaniter internasional yang telah terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kementerian luar n​egeri