Gurih dan Pedas Bebek Betutu Pulau Dewata! Rasakan Petualangan Makan Bebek Khas Bali

Gurih dan Pedas Bebek Betutu Pulau Dewata! Rasakan Petualangan Makan Bebek Khas Bali

Gurih dan Pedas Bebek Betutu Pulau Dewata! Rasakan Petualangan Makan Bebek Khas Bali--unileverfoodsolutions.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Bebek betutu adalah salah satu makanan ikonik Pulau Dewata, Bali. Meskipun ayam betutu populer, Bebek betutu dengan ciri khas gurih dan pedasnya juga menjadi primadona kuliner Bali yang tak kalah lezat.

Lebih menarik lagi, hidangan ini tak hanya ditemukan di wilayah asalnya, tetapi juga di berbagai restoran Bali di seluruh kota.

Cara membuat bebek betutu pun cukup sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket.

Bebek betutu adalah salah satu varian betutu yang terkenal di Bali. Gurih dan Pedas Bebek Betutu Pulau Dewata terkenal dari 2 wilayah yakni kabupaten Gianyar dan Gilimanuk.

BACA JUGA:ASUS Chromebook Flip C214, Pilihan Terdepan untuk Pembelajaran Online

Tidak seperti betutu Gilimanuk yang dikenal dengan kepedasannya, betutu jenis ini sering disebut sebagai betutu lalah atau betutu pedas karena menggunakan cabe rawit sebagai bumbu utamanya.

Bagi para pecinta masakan pedas, betutu lalah ini merupakan pilihan favorit yang memanjakan lidah mereka.


Gurih dan Pedas Bebek Betutu Pulau Dewata! Rasakan Petualangan Makan Bebek Khas Bali-- Instagram.com/@bebektepisawah

Di sisi lain, Kabupaten Gianyar di Bali juga dikenal dengan jenis betutu yang lebih gurih dan tidak sepedas betutu lalah. Betutu khas Gianyar ini memiliki bumbu yang lebih lengkap dan proses pembuatannya yang lebih rumit dibandingkan dengan betutu Gilimanuk.

Dalam proses pembuatannya, betutu Gianyar biasanya dibungkus dalam upih (pelepah pinang) dan kemudian dipanggang di atas bara sekam padi selama lebih dari 12 jam.

BACA JUGA:Mengungkap Tantangan Makanan Jengger Ayam: Apa yang Membuatnya Menjadi Favorit di Beberapa Negara

Hasilnya adalah daging bebek yang sangat empuk dan kaya akan rasa gurih karena bumbunya meresap sempurna ke dalam daging.

Berbeda dengan Bebek betutu Gilimanuk yang menggunakan bumbu sederhana seperti cabe rawit, bawang putih, dan garam, betutu Gianyar melibatkan sekitar 15 jenis bumbu.

Hidangan ini menggunakan dua jenis bumbu utama, yaitu base genep (bumbu lengkap) dan base wangen (bumbu harum). Base genep merupakan kombinasi bumbu lengkap yang mencakup rempah-rempah seperti kunyit, kemiri, serai, dan bumbu-bumbu lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber